Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini 10 Tips Investasi dari Warren Buffet, Si Oracle of Omaha

Warren Buffet tidak akan berinvestasi pada perusahaan itu saat muncul di headline berita atau ramai dibicarakan. Simak tips investasi dari Buffet.
Warren Buffet membagikan tips investasi
Warren Buffet membagikan tips investasi

Investasi untuk jangka yang panjang

6. Perhatikan dan Tunggu

Setelah mengobservasi perusahaan yang akan diinvestasikan, selanjutnya perhatikan dan tunggu apa yang terjadi dalam beberapa waktu ke depan, jika perusahaan secara konsisten menghasilkan uang tetapi harga sahamnya tidak sesuai dengan nilai bukunya, maka Anda sebaiknya menunggu atau urungkan niat Anda kepada perusahaan tersebut.

7. Berinvestasilah Untuk Jangka Waktu yang Panjang

Meskipun beberapa dari investor berusaha berinvestasi pada peluang pasar yang besar dengan resiko waktu yang sementara, maka Buffer akan berpikir berbeda dari yang lain. Buffet akan berpikir untuk berinvestasi dalam waktu yang panjang, dengan minimal waktu 5 tahun untuk melihat kesuksesan dalam berinvestasi pada perusahaan tersebut.

8. Membaca Laporan Perusahaan Warren Buffet

Kebanyak perusahaan akan menulis laporan perusahaan dengan gaya penulisan yang kaku, berbeda dengan laporan dari Buffet. Dalam laporan perusahaan yang dinaungi Warren Buffet akan menjelaskan tentang bagaimana dan mengapa mereka melakukannya, bukan hanya tentang apa saja yang telah dilakukan perusahaan.

9. Berbagi Keuntungan

Anda boleh saja berinvestasi untuk terus mencari keuntungan, namun Buffet menjadi contoh bagi investor dengan terus berbagi ke orang yang membutuhkan. Buffet berkomitmen bahwa ia akan terus membagikan kekayaannya dan juga ia terus mengajak orang untuk melakukannya, seperti dalam Givingpledge.com.

10. Investasikan Kembali Keuntungan Anda

Saat pertama kali keuntungan yang Anda dapat, maka sebaiknya jangan Anda gunakan untuk foya-foya. Buffet semasa hidupnya sudah mengenal konsep ini sejak dini, dikabarkan bahwa dulu Buffet menyimpan mesin pinball di sebuah pangkas rambut, alih-alih mengambil keuntungan dia dan temannya terus membelikan mesin tersebut hingga mendapat keuntungan yang lebih besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper