Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

HM Sampoerna (HMSP) RUPST Hari Ini, Bagi Dividen Nih?

Salah satu agenda RUSPT PT HM Sampoerna Tbk. (HMSP) yang dibahas adalah persetujuan penggunaan laba bersih tahun buku 2021.
Annisa Kurniasari Saumi
Annisa Kurniasari Saumi - Bisnis.com 09 Juni 2022  |  09:38 WIB
HM Sampoerna (HMSP) RUPST Hari Ini, Bagi Dividen Nih?
Aktivitas di salah satu pabrik PT HM Samporena Tbk tampak dari ketinggian - www.sampoerna.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Emiten rokok PT HM Sampoerna Tbk. (HMSP) mengadakan rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) dan RUPS Luar Biasa (RUPSLB) pada hari ini, Kamis (9/6/2022).

Dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), manajemen HM Sampoerna mengatakan RUPST akan diselenggarakan secara elektronik dengan menggunakan eRUPS yang disediakan Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI).

Emiten berkode saham HMSP akan menyetujui beberapa agenda yang akan dibahas dalam RUPST. Agenda tersebut adalah persetujuan laporan tahunan dan laporan keuangan tahunan, persetujuan penggunaan laba bersih, persetujuan penunjukan kantor akuntan publik, dan persetujuan pengangkatan kembali anggota direksi.

Sebagai informasi, tahun lalu, HMSP membagikan dividen tunai sebesar Rp8,46 triliun atau setara Rp72,8 per saham dari laba ditahan perseroan tahun buku 2020.

Sepanjang 2021, HMSP tercatat membukukan penjualan bersih Rp98,8 triliun di 2021. Penjualan ini naik 6,98 persen dibandingkan tahun 2020 sebesar Rp92,4 triliun.

Peningkatan penjualan perseroan didorong oleh segmen sigaret kretek mesin (SKM) yang naik 6,55 persen menjadi Rp65,2 triliun di 2021, dari Rp61,2 triliun. Selain SKM, penjualan sigaret kretek tangan (SKT) perseroan juga meningkat 6,64 persen dari Rp21,4 triliun, menjadi Rp22,8 triliun secara tahunan atau year on year (yoy).

Penjualan segmen sigaret putih perseroan juga meningkat. Penjualan sigaret putih mesin (SPM) naik 5,61 persen menjadi Rp9,42 triliun, dari Rp8,9 triliun. Begitu pula penjualan sigaret putih tangan (SPT) perseroan yang meningkat 3.114,5 persen dari Rp16,9 triliun, menjadi Rp544,8 triliun.

Meski penjualan naik, laba tahun berjalan yang dapat diatribusikan ke pemilik entitas induk perseroan menjadi Rp7,13 triliun, turun 16,83 persen dari Rp8,5 triliun di 2020. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dividen rupst hm sampoerna hmsp
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top