Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Top 5 News Bisnisindonesia.id: GOTO Masuk Indeks LQ45 Hingga Negosiasi Alot Tesla di India

Saham emiten dengan kode saham GOTO menjadi salah satu pembahasan pilihan editor BisnisIndonesia.id.  GOTO terbilang masih dalam momentum yang kurang menguntungkan, karena berada dalam bayang-bayang pengetatan moneter global.  Selain berita tersebut, beragam kabar ekonomi dan bisnis yang dikemas secara mendalam dan analitik juga tersaji dari meja redaksi BisnisIndonesia.id.
CEO Grup GoTo Andre Soelistyo dalam acara paparan publik IPO PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GoTo), Selasa (15/3/2022).
CEO Grup GoTo Andre Soelistyo dalam acara paparan publik IPO PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GoTo), Selasa (15/3/2022).

Bisnis.com, JAKARTA—  Bursa Efek Indonesia (BEI) memasukkan saham GOTO ke indeks LQ45, IDX30 dan IDX80 sekaligus melalui jalur fast entry. Hal ini sukses menghantarkan saham GOTO melaju hingga kembali melampaui harga IPO. Namun, penguatan yang terjadi ini berpotensi segera disusul oleh aksi profit taking oleh investor.

Saham emiten dengan kode saham GOTO tersebut menjadi salah satu pembahasan pilihan editor BisnisIndonesia.id.  GOTO terbilang masih dalam momentum yang kurang menguntungkan, karena berada dalam bayang-bayang pengetatan moneter global.  Selain berita tersebut, beragam kabar ekonomi dan bisnis yang dikemas secara mendalam dan analitik juga tersaji dari meja redaksi BisnisIndonesia.id.

Berikut ini highlight BisnisIndonesia.id, Jumat (3/6/2022):

GOTO Masuk LQ45, IDX30, dan IDX80, Seberapa Lama Akan Menguat?

Saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. sukses melesat hingga melewati level harga pencatatan perdananya hari ini, Kamis (2/6), ditengarai karena masuknya saham perseroan ke dalam tiga indeks papan atas di Bursa Efek Indonesia. Sejauh mana sentimen positif ini bakal bertahan?

Saham emiten dengan kode GOTO ini sebenarnya sedang tidak berada dalam momentum yang menguntungkan. Pasar yang tahun ini berada dalam bayang-bayang pengetatan moneter global bukanlah kondisi yang ideal bagi sektor teknologi yang umumnya boros modal, untuk bertumbuh.

Setelah listing, saham GOTO hanya sebentar menguat, sebelum akhirnya terus melemah hingga ke bawah harga IPO perseroan. Bahkan, opsi greenshoe yang dipersiapkan perusahaan untuk menahan kejatuhan harganya, hanya ampuh untuk periode yang sangat terbatas.

Menanti Indonesia Naik Level Dengan Pembangunan Smelter

Peningkatan nilai tambah komoditas mineral di dalam negeri menjadi salah satu prioritas pemerintah dalam membangun kemandirian energi nasional.

Tak hanya memperoleh manfaat yang lebih besar dari segi nilai, pembangunan industri pengolahan dan pemurnian (smelter) yang terintegrasi dari hulu hingga hilir sekaligus menjadi jembatan bagi Indonesia untuk naik kelas.

Selama ini, Indonesia menjadi negara pengekspor bahan mentah atau raw materials komoditas mineral, tanpa pernah sebelumnya memikirkan untuk meningkatkan nilai tambah di dalam negeri. Indonesia, menurut Presiden Joko Widodo, bahkan sudah terlalu lama berada di zona nyaman yang hanya menjual komoditas mentah.

Hati-Hati Pasang Strategi Investasi Reksa Dana di Juni 2022

Memasuki bulan Juni 2022, pasar reksa dana Indonesia masih berada dalam bayang-bayang perkembangan sentimen global, terutama kondisi ekonomi Amerika Serikat dan kebijakan bank sentralnya. Investor pun masih harus berhati-hati dalam menentukan pilihan produk.

Potensi pemulihan industri reksa dana pada Juni 2022 sejatinya cukup terbuka, terutama mengingat tekanannya selama ini lebih banyak disebabkan oleh faktor eksternal. Kondisi ini tidak terlepas dari faktor naiknya suku bunga acuan bank sentral AS, Federal Reserve atau the Fed, sebesar 50 bps pada awal Mei 2022. 

Ini adalah tingkat kenaikan tertinggi sejak tahun 2000, sehingga menyebabkan gejolak yang cukup signifikan di pasar keuangan global, termasuk di pasar surat utang dan pasar saham Indonesia. Kenaikan suku bunga the Fed ini erat hubungannya dengan rekor inflasi yang dicapai perseroan pada awal tahun ini.

Kocek Tebal ke Singapura

Wisatawan Indonesia dalam beberapa waktu ke depan harus merogoh kocek lebih dalam untuk dapat bepergian ke Singapura. Kondisi ini disebabkan harga tiket pesawat untuk rute tersebut mengalami lonjakan drastis. 

Tarif tiket pesawat dari Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng menuju Changi Airport di Singapura tetiba mengalami peningkatan cukup signifikan. Dalam beberapa amatan harga tiket melonjak hingga 3 kali lipat. 

Rute CGK menuju Singapura untuk tipe penerbangan low cost carrier (LCC) dalam sepekan ke depan dihargai sekitar Rp3 juta - Rp4 juta. Padahal umumnya harga tiket pesawat kelas ekonomi berada di kisaran Rp1 juta ke atas.

Sementara itu kelas pesawat full service carrier, harga yang tertera pada online travel agent seperti Tiket.com berada di level Rp5 juta - 8 juta lebih. Sebelum ini, kocek yang harus dikeluarkan untuk kelas ini hanya di kisaran Rp2 - 3 juta untuk durasi perjalanan sekitar 1 jam 50 menit. 

Alot Negosiasi Dengan India, Tesla Datangi Indonesia

Sekitar 1 tahun setelah Giga Shanghai resmi beroperasi pada 2019, boss Tesla mengumumkan rencana memproduksi mobil listriknya di India. Hanya saja, banyak tantangan di negara Asia Selatan itu. Belakangan, Indonesia melakukan pendekatan.

Saat ini, Tesla mengoperasikan enam fasilitas produksi. Dua di antaranya di luar Amerika Serikat, yakni Giga Factory 3 di Shanghai (2019) dan Giga Factory 4 di Berlin (2022). Pada 2013, Tesla pertama kali mengumumkan rencananya membangun Gigafactories di seluruh dunia.

Gigafactories dirancang untuk meningkatkan produksi mobil dan baterai lithium-ion untuk mencapai misi perusahaan membantu transisi dunia ke energi berkelanjutan dengan menyediakan kendaraan listrik dan produk energi yang terjangkau. Perlu 100 Gigafactory untuk menggantikan seluruh energi fosil yang digunakan dunia saat ini.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper