Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Erick Thohir: 40 Perusahaan BUMN Cari 2.700 Generasi Muda Bertalenta

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengungkapkan 40 BUMN sedang melakukan rekrutmen dan akan memprioritaskan untuk 2.700 talenta muda terbaik.
Menteri BUMN Erick Thohir meluncurkan konsep hunian untuk millenial dan Gen Z yang dinamakan Millenial Zone, Sabtu (3/4/2022)/Bisnis-Yanita Petriella
Menteri BUMN Erick Thohir meluncurkan konsep hunian untuk millenial dan Gen Z yang dinamakan Millenial Zone, Sabtu (3/4/2022)/Bisnis-Yanita Petriella

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyampaikan puluhan perusahaan BUMN sedang mencari 2.700 generasi muda dengan talenta terbaik dan melek teknologi.

“Kebetulan dari 40 BUMN sedang melakukan rekrutmen. Sekarang kami memprioritaskan untuk 2.700 talenta terbaik untuk bisa bergabung di BUMN, dan memang yang mendaftar 10 kali lipatnya,” ujarnya dalam Pekan Milenial Naik Kelas yang digelar Bisnis Indonesia, Selasa (5/4).

Erick menyatakan bahwa generasi Z atau Gen Z akan mendominasi populasi Indonesia dalam beberapa tahun ke depan dengan komposisi mencapai 70 persen.

Menurutnya, bonus demografi yang akan dihadapi Indonesia dalam kurun waktu ke depan akan berbeda jauh dengan kondisi saat ini. Oleh sebab itu, dibutuhkan perubahan strategi ekonomi dalam menyambut demografi baru tersebut.

Merujuk data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2021, penduduk usia produktif kategori milenial (1981-1996) mencapai 25, 87 persen dari total penduduk 270, 20 juta jiwa. Adapun, generasi Z (1997-2012) saat ini jumlahnya mencapai 27,94 persen.

Erick menambahkan bahwa perusahaan-perusahaan BUMN juga memiliki tantangan tersendiri. Salah satunya adalah mempunyai sumber daya manusia (SDM) yang melek teknologi. Dalam catatannya, saat ini, SDM di BUMN yang melek teknologi baru mencapai 1 persen.

“Kami harus dorong ini sampai 20 persen. Jadi, kami punya tantangan juga di BUMN. Kami juga tidak lupa untuk terus membuka bagaimana para generasi muda ini bisa bergabung di BUMN,” kata Erick.

Terkait hal tersebut, Bisnis Indonesia Group berkerja sama dengan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. menginisiasi program bertajuk Pekan Milenial Naik Kelas, yang diselenggarakan selama tiga hari, mulai 5–7 April 2022.

Kegiatan ini memiliki tiga fokus utama yakni memberikan edukasi kepada milenial untuk melek finansial, mahir wirausaha, dan mengambil peluang di era digitalisasi.

Melek finansial diperlukan agar milenial punya perencanaan keuangan, baik dalam hal menyeimbangkan pola konsumsi dan investasi.

Sementara itu, mahir wirausaha adalah sebuah keharusan sesuai dengan karakter generasi saat ini yang tidak semata-mata menjadi pekerja, tetapi juga menciptakan peluang pekerjaan kepada orang lain.

Selanjutnya, digital savvy juga merupakan keniscayaan bagi milenial seiring dengan kemajuan teknologi digital yang telah mendisrupsi banyak hal, termasuk lahirnya perusahaan-perusahaan rintisan dengan valuasi raksasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dionisio Damara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper