Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sederet Nama Besar di Balik IPO WIR Asia (WIRG), Keluarga Prabowo hingga Trah Gus Dur

Sejumlah nama besar terpantau menjadi investor pra-IPO PT WIR ASIA Tbk. (WIRG) mulai dari Keluarga Prabowo hingga Keluarga Gus Dur ikut berpartisipasi.
Pandu Gumilar
Pandu Gumilar - Bisnis.com 04 April 2022  |  08:59 WIB
Sederet Nama Besar di Balik IPO WIR Asia (WIRG), Keluarga Prabowo hingga Trah Gus Dur
WIR Group - wirglobal.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Sejumlah nama besar terpantau menjadi investor pra-IPO PT WIR ASIA Tbk. (WIRG) mulai dari Keluarga Prabowo hingga Keluarga Gus Dur ikut berpartisipasi.

Berdasarkan prospektus perseroan, disebutkan bahwa pemegang saham terbesar pra-IPO adalah PT PT Wir Global Kreatif (WGK) dengan kepemilikan 22,46 persen dan PT Laut Biru Teknologi (LBT) 36,01 persen. Sisanya tersebar ke sejumlah entitas dan individu.

Terdapat pula nama PT Karunia Tidar Abadi dengan kepemilikan pra-IPO 1 persen. Perusahaan yang bergerak di bidang mobile advertising, perdagangan, pertambangan, hingga pertanian ini merupakan salah satu sayap bisnis generasi ketiga Sumitro Djojohadikusumo. Saat ini perusahaan tersebut dipimpin oleh Aryo PS Djojohadikusumo.

Aryo merupakan putra kandung Hashim Djojohadikusumo, yang merupakan kakak Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Struktur pemegang saham minor WIRG juga menampilkan nama-nama petinggi Grup Indika. Terutama mereka yang memiliki jabatan di PT Indika Energy Tbk. (INDY). Di antaranya Arsjad Rasjid, Azis Armand, Purba Pantja, dan Retina Rosabai.

Arsjad yang juga merupakan petingg Kamar Dagang Indonesia (KADIN) aktif menjabat sebagai Direktur Utama INDY, sementara Azis merupakan wakil direktur. Purba dan Retina, dua nama sisa, merupakan direktur investasi dan direktur keuangan pada perusahaan yang sama.

Prospektus juga membeberkan keberadaan nama-nama tidak kalah familiar lain dengan porsi kepemilikan lebih jumbo. Salah satunya adalah Zannuba Arifah Chafsonh Rahman alias Yenny Wahid. Berdasarkan prospektus terakhir, Yenny menggenggam kepemilikan sebanyak 280,42 juta lembar atau 3 persen.

Ada pula Ardiana Belina Natasha yang juga punya kepemilikan di atas 3 persen, tepatnya sekitar 3,86 persen atau 360,92 juta lembar juga dimiliki. Ardiana merupakan putri Arwin Rasyid, bankir kenyang pengalaman sekaligus pendiri TEZ Capital Finance. Arwin juga merupakan eks bos berbagai perusahaan, termasuk pernah menjabat sebagai direktur utama di PT Telekomunikasi Indonesia Persero Tbk. (TLKM).

WIRG menetapkan harga penawaran sebesar Rp168 per saham dalam penawaran umum perdana sahamnya. Dalam prospektus terbaru perseroan, WIRG akan menawarkan sebanyak 2,33 miliar saham yang mewakili 20 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah penawaran umum.

"Jumlah penawaran umum adalah sebesar Rp392,6 miliar," tulis manajemen WIRG, dikutip Selasa (29/3/2022).

Apabila terjadi kelebihan pemesanan pada penjatahan terpusat, perseroan akan mengeluarkan sebanyak-banyaknya 233,7 juta saham biasa dengan nilai nominal Rp5, mewakili 1,96 persen. Harga yang ditetapkan juga sama, yakni Rp168, sehingga jumlah penawaran umum secara keseluruhan adalah sebanyak-banyaknya Rp431,8 miliar.

Adapun dana hasil penawaran umum tersebut rencananya sekitar 83,54 persen akan digunakan oleh perusahaan anak untuk belanja modal (capital expenditure/capex) dan modal kerja atau operational expenditure (opex).

Rinciannya, sekitar 18,04 persen diberikan ke PT Are Teknologi Kreasi (ATK), lalu sekitar 29,56 persen akan diberikan ke PT Tiga Akar Mimpi (TAM) dan 52,40 persen ke PT Vatar Media Raya (VMR) dalam bentuk peningkatan penyertaan modal.

Kemudian sejumlah 7,68 persen akan digunakan perseroan untuk capex, 3,30 persen untuk modal kerja atau opex, serta 5,48 persen untuk pengembangan usaha atau ekspansi melalui kemitraan strategis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ipo prabowo subianto gus dur WIR Group
Editor : Pandu Gumilar
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top