Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

AKR Corporindo (AKRA) Dapat Listrik KEK JIIPE dari PLN, Penuhi Kebutuhan Smelter Freeport

Anak usaha AKR Corporindo (AKRA), BKMS dan PLN menandatangani surat perjanjian jual beli listrik 170 MVA untuk menggerakkan Smelter PT Freeport Indonesia di KEK JIIPE
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 14 Maret 2022  |  16:09 WIB
AKR Corporindo (AKRA) Dapat Listrik KEK JIIPE dari PLN, Penuhi Kebutuhan Smelter Freeport
Entitas anak PT AKR Corporindo Tbk. (AKRA) pengelola KEK JIIPE, PT Berkah Kawasan Manyar Sejahtera (BKMS), dan PT Freeport Indonesia (PTFI) menandatangani perjanjian sewa tanah jangka panjang. - AKRA.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -  Anak usaha PT AKR Corporindo Tbk (AKRA), PT Berkah Kawasan Manyar Sejahtera (BKMS), menandatangani Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (PJBTL) dengan PT PLN Persero (PLN) sebesar 170 MVA. Listrik ini bakal dipakai menyalurkan energi untuk kebutuhan PT Freeport Indonesia (PTFI).

SPJBTL yang dimiliki oleh PT BKMS ini menyatakan, PLN akan mendistribusikan dan menjual listrik ke BKMS, secara berkelanjutan melalui Gardu Induk PLN 150 kV (seratus lima puluh kiloVolts) Suplai Tegangan Tinggi dengan daya total 170 MVA (seratus tujuh puluh Mega Volt Ampere).

PT BKMS menandatangani perjanjian back to back dengan PT Freeport Indonesia, BKMS akan mendistribusikan dan menjual kembali Daya tersambung ke PTFI sesuai kebutuhannya, sehingga ini akan menghasilkan recurring income bagi KEK JIIPE Gresik.

Bambang Setiono Direktur Utama Berkah Kawasan Manyar Sejahtera sangat berharap dukungan dari PLN sehingga dapat meneruskan Kerjasama berikutnya.

"Kami yakin berkat dukungan dari berbagai pihak kami mendapatkan KEK dan sekarang cukup banyak yang menghubungi kami dan kami sangat agresif untuk menghubungi calon-calon tenant," katanya dalam keterangan resmi, Senin (14/3/2022).

Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan Perusahaan Listrik Negara Bob Syahril mengatakan PT PLN Siap melayani dengan reliability berstandar internasional.

"Kami akan menambah menambah beberapa pembangkit maupun jaringan Backbone sehingga akan ada beberapa alternatif suplai yang sesuai dengan yang diperjanjikan. Kami siap melayani supply listrik ke smelter PTFI dari gardu induk," urainya.

PLN lanjutnya menawarkan harga yang kompetitif. Hal ini didukung oleh jaringan yang cukup kuat dan juga pasokan yang cukup berlebih hingga tersedia kurang lebih 6,5 Gigawatt.

Direktur Freeport Indonesia Tony Wenas juga turut berharap bahwa proyek pembangunan smelter tembaga single line terbesar di dunia ini bisa berjalan sebagaimana mestinya sesuai dengan target.

“Kami berharap semua semua pihak dapat mendukung proyek ini, yang merupakan salah satu barometer hilirisasi mineral di Indonesia, agar apa yang diharapkan yaitu timbulnya industri hilir lainnya sebagai turunan dari katoda tembaga, emas dan perak bisa tumbuh tidak hanya di JIIPE tapi juga di bagian lain di Indonesia,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

PLN Freeport akra akr corporindo
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top