Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Top 5 News Bisnisindonesia.id: Nasib Investor Kripto ASIX Anang Hingga Masa Kritis Tambang Minerba

Ulasan tentang bagaimana nasib investor ASIX Token serta sengkraut izin kripto Anang menjadi salah satu pilihan Bisnisindonesia.id.
Nurbaiti
Nurbaiti - Bisnis.com 12 Februari 2022  |  17:26 WIB
Top 5 News Bisnisindonesia.id: Nasib Investor Kripto ASIX Anang Hingga Masa Kritis Tambang Minerba
Token ASIX - IG @anang_hermansyah
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Keresahan investor aset kripto ASIX Token milik musisi Anang Hermansyah kian gaduh di media sosial, setelah Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) secara tiba-tiba melarang perdagangan ASIX Token di Indonesia.

Apalagi, harga aset kripto itu langsung terjun bebas sesaat setelah pernyataan Bappebti.

Sebelum pengumuman Bappebti, token ASIX berada pada US$ 0,00000563 atau setara Rp 0,81 pada 10 Februari 2022 pukul 14.05 WIB. Dalam 2 jam setelah info tersebut dirilis, nilai token anjlok ke harga US$ 0,000002967 atau setara Rp 0,043.

Sontak saja, investasi para investor Token ASIX tergerus hampir setengah dari harga sebelum pengumuman larangan Bappebti. Banyak dari investor tersebut mengemukakan kekecewaannya di media sosial.

Sejumlah investor juga meluapkan kekecewaan di situs coinmarket.com, situs yang berisi informasi terkait dengan pergerakan aset kripto. Dalam komentar di halaman ASIX Token, sejumlah orang mengaku telah menanamkan uangnya namun berakhir rugi.

Ulasan tentang bagaimana nasib investor ASIX Token serta sengkraut izin kripto Anang menjadi salah satu pilihan Bisnisindonesia.id.

Selain itu, juga ada beragam kabar ekonomi dan bisnis yang dikemas secara mendalam dan analitik juga tersaji dari meja redaksi Bisnisindonesia.id.

Berikut intisari dari top 5 News Bisnisindonesia.id yang menjadi pilihan editor, Sabtu (12/2/2022):

 

1.      Pintu Masuk Jalur Paling Gemuk, Chery Comeback!

 

Pasar mobil Indonesia pada 2022 dipastikan makin semarak. Selain kehadiran model terbaru, beberapa merek yang sempat hengkang bakal kembali datang. Salah satunya Chery. Merek mobil China ini akan masuk di jalur gemuk.

Chery telah memastikan hadir kembali di pasar Indonesia dengan memboyong empat model. Tiga di antaranya yang sudah diperkenalkan adalah model sport utility vehicle alias SUV, yakni Tiggo 4 Pro, Tiggo 7 Pro, dan Tiggo 8 Pro. Satu model lagi masih dirahasiakan.

Selain memperkuat jaringan penjualan dan layanan purnajual, Chery berkomitmen membangun pabrik perakitan di Indonesia serta fasilitas riset dan pengembangan di Indonesia untuk wilayah pasar Asean.

Chery tampaknya ingin mengikuti strategi merek senegaranya Wuling yang masuk ke Indonesia melalui pintu segmen pasar gemuk. Bedanya, ada pada momentum waktu dan tipe modelnya.

Wuling masuk pasar Indonesia pada 2016 dengan model perdana Confero. Wuling membidik pasar multipurpose vehicle (MPV), yang merupakan segmen paling gemuk dengan kontribusi 32 persen.

 

2.      Sengkraut Izin Kripto Anang dan Nasib Investor ASIX Token

 

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) secara tiba-tiba melarang perdagangan aset kripto ASIX Token milik musisi Anang Hermansyah. Bappebti menjelaskan bahwa non-fungible token (NFT) tersebut belum masuk dalam daftar 229 aset kripto yang diizinkan diperjualbelikan di Indonesia.

Namun, Mantan politikus itu menyatakan bahwa token miliknya memang belum diperdagangkan di dalam negeri. Itu karena pihaknya sedang dalam proses pendaftar ke Bappebti.

Grafik harga ASIX Token di coinmarketcap.com. -Coinmarketcap

Di sisi lain, Bappebti mengaku pernyataannya melarang ASIX Token semata-mata untuk melindungi investor.

Kepala Biro Pembinaan dan Pengembangan Pasar Bappebti, Tirta Karma Sanjaya, mengatakan jika ASIX sudah diperdagangkan dan di-listing di luar negeri tidak masalah karena pasar yang akan menilai. Jika proyek pengembangnya bagus, harganya akan bagus, namun jika sebaliknya harga bisa turun.

Meski begitu, bila ASIX akan diperdagangkan di dalam negeri maka harus sesuai peraturan pemerintah. Itu berarti harus didaftarkan ke Bappebti terlebih dahulu untuk dilakukan penilaian bersama asosiasi.

 

3.      Investasi Properti Aspas Melesat, Real Estat Logistik Berkilau

 

Investasi langsung properti komersial di Asia Pasifik (Aspas) mencapai US$177 miliar sepanjang 2021 dengan volume penyebaran modal kembali ke tingkat pra-pandemi yang terakhir terlihat pada 2019, menurut JLL pada Jumat (11/02/2022).

Menurut konsultan properti global tersebut, volume investasi sepanjang tahun lalu meningkat sekitar 26% year-on-year (yoy), dipimpin oleh lonjakan aktivitas di Australia dan China serta ketahanan berkelanjutan di Jepang.

Australia menjadi negara yang paling menarik investasi di Asia Pasifik dengan mencatatkan peningkatan volume menjadi US$35 miliar pada tahun lalu, melonjak hingga 170% yoy, didukung oleh kesepakatan platform logistik.

Kemilau real estat logistik secara umum di Asia Pasifik ditandai dengan investasi mencapai US$48 miliar tahun lalu yang mewakili pertumbuhan 50% yoy serta alokasi dua kali lipat sejak 2019.

Bulan lalu konsultan bisnis properti Colliers International Indonesia juga menyampaikan pandangan bahwa sektor pergudangan atau real estat logistik, bersama dengan lahan di kawasan industri, merupakan salah satu subsektor properti yang berprospek meneruskan ketangguhannya tahun ini sebagaimana terlihat pada tahun lalu.

Kawasan Pantai Utara (Pantura) Jawa mulai dari Cilegon di Provinsi Banten hingga di Subang (Jawa Barat) menjadi area-area pusat pertumbuhan real estat logistik berikut kawasan industri.

 

4.      Babak Baru Musim Gugur Pertambangan Mineral dan Batu Bara Nakal

 

Hasrat pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai negara yang ramah terhadap investasi yang berkontribusi positif terhadap masyarakat dan negara kian kuat. Salah satunya, dengan membenahi tata kelola di sektor pertambangan.

Sebagai permulaan, pemerintah telah menghentikan izin operasional seribuan perusahaan tambang mineral dan batu bara yang tersebar di seluruh Indonesia.

Setidaknya, ada sekitar 1.036 perusahaan tambang yang dihentikan sementara kegiatan operasionalnya karena belum menyerahkan dokumen rencana kegiatan dan anggaran belanja (RKAB) 2022 hingga 31 Januari 2021.

Perusahaan-perusahaan tambang itu juga dilarang melakukan pengangkutan dan penjualan, termasuk kegiatan eksplorasi lanjutan sebelum RKAB tahunan disetujui, sesuai dengan ketentuan pada pasal 66 huruf i Peraturan Menteri ESDM No 7/2020.

Jika tidak segera menyampaikan dokumen RKAB 2022 paling lambat 60 hari kalender terhitung sejak 7 Februari 2022, pencabutan izin hingga pengakhiran kontrak karya menjadi sanksi bagi perusahaan yang tidak menyampaikan RKAB 2022 sampai batas waktu yang ditetantukan. 

 

5.      Kopi Indonesia Kian Semerbak di Pasar Mesir

 

Penetrasi kopi asal Indonesia di pasar Mesir kian meningkat yang membuka peluang pasar lebih besar di Negeri Piramida tersebut.

Peluang itu ditandai dengan kembali diresmikannya kedai kopi Indonesia di Kairo, Mesir awal pekan ini.

Terkait itu Atase Perdagangan KBRI Kairo Irman Adi Purwanto menyampaikan apresiasinya kepada El Omda Coffee dalam upaya importasi produk kopi robusta Indonesia dalam beberapa tahun terakhir.

Sebenarnya aroma semerbak kopi Indonesia sudah tercium di Mesir sejak tahun lalu berdasarkan kontrak yang telah ditandatandatangi PPI sebanyak 600 ton terhitung mulai September hingga Desember 2021 dengan nilai setara US$1,2 juta.

Sepanjang tahun ini kopi Indonesia memang akan mengalir deras ke Mesir setelah PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) bakal mengirim hingga 3.000 ton. Ekspor perdana tahun ini sebanyak 130 ton sudah dilepas langsung Menteri BUMN Erick Thohir di Lampung, pada akhir Januari 2022.

Nantinya secara reguler, PPI akan terus mengeskpor kopi ke Mesir sampai akhir ini hingga 3.000 ton berdasarkan kontrak yang ditandatangani awal Januari 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

otomotif izin tambang Top 5 News Bisnisindonesia.id aset kripto

Sumber : Bisnisindonesia.id

Editor : Nurbaiti
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top