Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nusantara Infrastructure (META) Laksanakan Groundbreaking Jalan Akses Tol Makassar New Port

PT Nusantara Infrastructure Tbk. melakukan peletakan batu pertama ataugroundbreakingpembangunan jalan akses tol Makassar New Port (MNP) pada Senin (7/2/2022).
Kapal kargo bersandar di dermaga Pelabuhan Makassar New Port (MNP), Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (25/3/2019)./Bisnis-Paulus Tandi Bone
Kapal kargo bersandar di dermaga Pelabuhan Makassar New Port (MNP), Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (25/3/2019)./Bisnis-Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, JAKARTA - PT Nusantara Infrastructure Tbk. melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking pembangunan jalan akses tol Makassar New Port (MNP) pada Senin (7/2/2022).

Direktur Utama Nusantara Infrastructure Ramdani Basri menyampaikan pembangunan jalan akses tol Makassar New Port (MNP) ini merupakan lanjutan dari komitmen perseroan untuk berkontribusi mendorong pembangunan infrastruktur berkelanjutan dengan menciptakan konektivitas daerah, khususnya di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. 

“Kehadiran tol MNP ini diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi, distribusi logistik dan memperlancar jalur ekspor dan impor serta menjadi salah satu solusi dalam mengurai kemacetan bagi angkutan barang atau logistik dengan akses langsung dari dan menuju ke MNP,” kata Ramdani melalui siaran pers, Senin (7/2/2022). 

Jalan bebas hambatan dengan nama jalan akses tol Makassar New Port ini akan dibangun sepanjang sekitar 3,2 kilometer dengan kebutuhan lahan seluas 2,74 hektare. 

Proyek yang akan dikerjakan oleh PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. ini akan dikerjakan dalam 3 tahap. Pertama, mulai dari arah pelabuhan lama (Jalan Tol Seksi 1) menuju MNP. Kedua, akan dibangun dari arah Bandara (Jalan Tol Makassar Seksi IV) menuju ke MNP.  Selanjutnya, tahap ketiga dari MNP menuju ke Bandara akan dikerjakan pada tahap berikutnya. 

Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fatah dalam arahannya mewakili Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam acara groundbreaking mengatakan Jalan Akses Tol Makassar New Port diharapkan dapat meningkatkan daya saing kawasan industri di Indonesia dalam konteks regional dan internasional. 

"Saya berpesan agar setelah groundbreaking ini, konstruksi segera dimulai sehingga dapat selesai sesuai target Juni 2023 atau bahkan bisa lebih cepat," ujar Fatah. 

Fatah menunjukkan jalan akses tol Makassar New Port ini akan mendukung operasional Pelabuhan Makassar New Port yang memiliki proyeksi kapasitas sebanyak 900.000 Teus pada 2023. Disamping itu, kehadiran jalan tol ini juga dapat memicu pertumbuhan ekonomi di kawasan sekitar.

Adapun, jalan tol menuju Makassar New Port ini merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN). Pembebasan lahan untuk proyek ini dilaksanakan oleh PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) yang mana sejauh ini telah melakukan 70 persen dari kebutuhan lahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dwi Nicken Tari
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper