Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terungkap! Ini Penyebab Harga Sabun Naik

Kenaikan harga CPO ternyata telah mengerek harga sabun naik dan detergen hingga dua kali lipat. Kondisi membuat masyarakat bertanya-tanya.
Sabun/Istimewa
Sabun/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Harga minyak goreng yang meroket baru-baru ini, berdampak pada kenaikan harga sabun dan deterjen.

Sebelumnya, pemerintah telah menetapkan harga eceran tertinggi (HET)  minyak goreng yang berlaku per hari 1 Februari 2022, yaitu berkisar Rp11.500 - Rp14.000 per liter.

Kebijakan ini diterapkan seiring dengan berlakunya domestic price obligation (DPO) untuk pasokan minyak kelapa sawit mentah (crude palm oil/CPO) sebesar Rp9.300 per kilogram dan Olein sebesar Rp10.300 per liter ke pasar dalam negeri sejak 27 Januari 2022.

Sementara itu, produk sabun dan deterjen terbuat dari bahan oleokimia yang juga merupakan produk turunan atau hilirisasi dari minyak sawit. Oleh karenanya, hal ini juga berdampak pada kenaikan harga sabun dan deterjen.

Fenomena ini menuai banyak perhatian dari warganet. Tidak sedikit yang kontra karena merasa keberatan dengan kebijakan ini. Pasalnya, belum lama ini persoalan harga minyak naik juga ramai diperbincangkan.

“Ayo naikin semua, apalagi disaat pandemi. Agar rakyat makin sejahtera,” cuitan salah satu warganet di Twitter yang dilansir pada Rabu (2/2/2022).

“Harga minyak, detergen, sabun, naik. Ancaman inflasi juga udah mulai. Kian memburuk,” cuitan warganet lainnya di Twitter yang dilansir pada Rabu (2/2/2022).

Kenaikan harga sabun dan detergen sebanyak dua kali lipat bahkan ada isu kenaikan lagi, menimbulkan berbagai reaksi. Pasalnya, sabun dan detergen merupakan produk yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Belum lagi, lonjakan harga terjadi lagi di tengah pandemi yang tak kunjung usai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper