Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Keran Ekspor Batu Bara Dibuka Lagi, Emiten Mana yang Kembali Cuan?

Kebijakan pembukaan ekspor batu bara bisa memberikan keuntungan bagi emiten yang memiliki porsi ekspor besar seperti ITMG, ADRO dan HRUM.
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 02 Februari 2022  |  16:43 WIB
Keran Ekspor Batu Bara Dibuka Lagi, Emiten Mana yang Kembali Cuan?
Aktivitas di area pertambangan batu bara PT Adaro Indonesia, di Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, Selasa (17/10). - JIBI/Nurul Hidayat
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Larangan ekspor batu bara telah resmi dicabut setelah berlaku sepanjang Januari 2022. Hal ini menjadi sentimen positif untuk emiten batu bara.

Analis Samuel Sekuritas Indonesia Dessy Lapagu mengatakan pembukaan kembali ekspor batu bara menjadi angin segar terutama bagi sejumlah emiten yang sumber pemasukannya mayoritas berasal dari aktivitas penjualan di luar negeri.  

"Tentunya menjadi katalis bagi emiten, karena potensi hilangnya pendapatan ekspor mereda setelah larangan ekspor dicabut," ujarnya kepada Bisnis, Rabu (2/2/2022).

Adapun, Dessy mengatakan kebijakan ini bisa memberikan keuntungan bagi emiten yang memiliki porsi ekspor besar seperti ITMG, ADRO dan HRUM.

Sebelumnya, ketiga emiten tersebut mengaku cukup dirugikan dengan adanya larangan ekspor. Meskipun mengatakan tetap patuh aturan, PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG) menyatakan force majeure kepada mitra perseroan karena terpaksa membatalkan sejumlah kontrak.

Kemudian, PT Bukit Asam Tbk. (PTBA) sebelumnya juga sempat mengajukan keringanan kepada pemerintah terkait aturan tersebut. Pasalnya, PTBA punya beberapa negara yang jadi target ekspor, di antaranya China, India, Taiwan, Jepang, Malaysia, dan terbaru ke Bangladesh.

Terkait rekomendasi saham emiten batu bara yang menjadi pilihan, Samuel Sekuritas Indonesia memilih saham PTBA dengan posisi buy dan target harga di 3.500. Hari ini, harga saham PTBA bertengger di Rp2.810 atau turun 1,40 persen dari hari sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ekspor bukit asam indo tambangraya megah adaro energy harum energy tbk emiten batubara
Editor : Farid Firdaus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top