Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PTBA-Pertamina Mulai Bangun Proyek DME 26 Januari 2022

PTBA, Pertamina, dan Air Products mematangkan rencana pengembangan proyek gasifikasi batu bara menjadi dimethyl ether (DME).
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 11 Januari 2022  |  07:54 WIB
Ismail Arsal, Direktur Utama PT Bukit Asam Tbk. (PTBA).
Ismail Arsal, Direktur Utama PT Bukit Asam Tbk. (PTBA).

Bisnis.com, PALEMBANG – Emiten BUMN pertambangan, PT Bukit Asam Tbk. (PTBA) menargetkan pembangunan pabrik gasifikasi batu bara menjadi dimethyl ether (DME) di Tanjung Enim, Sumatra Selatan, dapat dimulai pada 26 Januari 2022.

Proyek Strategis Nasional gasifikasi batu bara ini akan selama 20 tahun, dengan mendatangkan investasi asing sebesar US$2,1 miliar atau setara Rp30 Triliun. Dengan utilisasi 6 juta ton batu bara per tahun, proyek ini dapat menghasilkan 1,4 juta DME per tahun.

Direktur Utama PTBA Arsal Ismail mengatakan saat ini perseroan bersama pihak terkait sedang merampungkan beberapa proses sebelum groundbreaking atau titik awal pembangunan program hilirisasi batu bara.

“Sekarang lagi proses untuk perjanjian ketiga belah pihak, yakni PTBA, Pertamina dan Air Products. Mudah-mudahan beberapa hari ke depan sebelum tanggal 26 selesai semua,” katanya usai rapat koordinasi bersama Menteri Investasi/Kepala BKPM di Palembang, Senin (10/1/2022).

Arsal mengatakan pembangunan fisik untuk proyek itu memakan waktu selama 30 bulan. Pihaknya pun berkomitmen untuk mendukung percepatan proyek percontohan itu, sesuai arahan dari Kementerian Investasi/BKPM.

Dia menambahkan bahwa Air Products & Chemicals Inc. nantinya bertindak sebagai investor dari sisi teknologi dan pembangunan.

“Dari mereka teknologinya, mereka yang akan bangun. Sementara ini persiapan berjalan dengan baik dan tidak ada hambatan,” kata Arsal.

Sementara PTBA selaku perusahaan tambang, bakal menyuplai batu bara untuk bahan baku gasifikasi menjadi DME tersebut.

Adapun PT Pertamina (Persero) mendapat penugasan khusus dari pemerintah sebagai offtaker produk yang akan mengganti liquefied petroleum gas (LPG) tersebut.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pertamina ptba bukit asam gasifikasi batu bara
Editor : Hafiyyan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top