Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Daftar Marketplace NFT Lokal, Ada TokoMall

Berikut enam marketplace NFT di Indonesia. Ada apa saja, ya?
Aliftya Amarilisya
Aliftya Amarilisya - Bisnis.com 04 Januari 2022  |  12:18 WIB
Daftar Marketplace NFT Lokal, Ada TokoMall
Ilustrasi NFT - istimewa
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - NFT atau Non Fungible Token adalah aset digital yang mewakili barang berharga dengan nilai yang tidak bisa diganti atau ditukar. Setiap orang kini bisa mendapatkannya melalui marketplace.

Di Indonesia sendiri, saat ini telah terdapat sejumlah marketplace NFT lokal. Adapun cara pembeliannya sendiri tak berbeda dari berbelanja di marketplace, seperti Shopee, dan Tokopedia.

Hanya saja, barang yang diperjualbelikan di sini adalah aset kripto.

Nah, berkaitan dengan itu, berikut sejumlah marketplace NFT buatan anak negeri.

1. Artsky

Artsky menaungi berbagai bidang seni, di antaranya grafiti, seni digital, video, musik, lukisan, dan foto. Di samping itu, ia juga mengerjakan beberapa proyek, seperti gim, DeFi, metaverse, dan decommerce.

2. Baliola

Baliola diinkubasi oleh Badan Ekonomi Kreatif Denpasar. Ia merupakan proyek kepeng.io cryptocurrency berbasis teknologi blockchain yang menjual berbagai produk seniman Bali dengan mekanisme NFT.

3. Enevti

Enevti adalah platform di mana penggemar dapat terhubung dengan para influencer favoritnya. Mereka bisa melakukan video call, mendapatkan hadiah, hingga mendapatkan layanan ekslusif dari kreator NFT. Menariknya lagi, di Enevti, NFT bisa ditebus dengan protokol pembiayaan kreator.

4. Kolektibel

Kolektibel berdiri di atas jaringan public blockchain Vexanium. Vexanium sendiri adalah public blockchain asli Indonesia dengan entitas legal berbentuk yayasan (Yayasan Vexanium Teknologi Nusantara) milik Danny Baskara.

5. Paras.id

Paras.id dikembangkan oleh Rahmat Albariqi and Afiq Shofy Ramadhan. Marketplace yang dibangun di atas teknologi blockchain ini menggunakan cryptocurrency NEAR sebagai media pertukaran antara pencipta dan kolektor.

6. TokoMall

Salah satu pelopor NFT di Indonesia ini adalah pengembangan utilitas Toko Token (TKO) yang dibangun di atas jaringan Binance Smart Chain (BSC). Ia mendukung para artis, kreator, dan merek lokal untuk menduniakan produk mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

marketplace NFT
Editor : Aliftya Amarilisya
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top