Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Fitch Ratings Beri Peringkat AAA untuk XL Axiata (EXCL)

EXCL mendapatkan periungkat nasional AAA, yang merupakan peringkat tertinggi yang diberikan Fitch pada skala peringkat nasional untuk Indonesia.
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. Bisnis/Arief Hermawan P
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA – Fitch Ratings memberikan peringkat nasional jangka panjang AAA dengan outlook stabil bagi PT XL Axiata Tbk. (EXCL).

Peringkat nasional AAA menunjukkan peringkat tertinggi yang diberikan Fitch pada skala peringkat nasional untuk Indonesia. Peringkat ini diberikan kepada emiten atau surat utang dengan ekspektasi resiko gagal bayar yang terendah terhadap emiten atau surat utang lainnya di Indonesia.

“Penilaian kami terhadap kekuatan kredit Axiata meliputi ekspektasi bahwa grup akan terus mengelola kebutuhan investasi sambal menjaga profil kreditnya. Kami kemungkinan akan mengambil tindakan pemeringkatan negative jika Axiata tidak dapat mempertahankan kekuatan kreditnya, yang akan mengakibatkan pada tindakan pemeringkatan serupa terhadap XL,” sebut Fitch Ratings dalam keterangan resmi Selasa (4/1/2022).

Fitch optimistis bahwa konsolidasi sektor selular Indonesia akan menopang stabilitas harga dan pertumbuhan yang menguntungkan dalam jangka panjang. Hal itu terlihat sejak meredanya persaingan pada semester I/2021, meskipun kondisi bisnis yang menantang dapat mendorong strategi penetapan harga

“Kami sekarang memperkirakan pertumbuhan satu digit yang rendah untuk pendapatan XL antara 2021-2024, didorong oleh perolehan pangsa pasar di luar Jawa,” imbuh Fitch.

Dalam periode yang sama, lanjut Fitch, intensitas belanja modal rata-rata sebesar 27 persen hingga 30 persen. Selain itu, pembayaran sewa sekitar Rp1 triliun sampai dengan Rp2 triliun per tahun pada 2020-2022. Hal itu sejalan dengan upaya perluasan jaringan serat optik untuk meningkatkan kapasitas transportasi jaringan.

Fitch yakin bahwa hubungan antara XL dan Axiata kuat, didukung oleh insentif hukum dan strategis yang tinggi meskipun insentif operasional rendah.

“XL tetap menjadi kontributor terbesar EBITDA Axiata di 25 persen dan belanja modal di 43 persen per akhir tahun 2020. Meski demikian, kami menilai hubungan operasional keseluruhan yang rendah, mengingat insentif sinergi yang rendah dan insentif manajemen dan merek yang medium,” sebut Fitch. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper