Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indosat-Tri Resmikan Merger Hari Ini, Saham ISAT Malah Lesu

Saham Indosat turun 1,17 persen atau 75 poin menjadi Rp6.350 jelang peresmian merger dengan Tri.
Warga beraktivitas di gerai Indosat Ooredoo, Jakarta, Rabu (16/9/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Warga beraktivitas di gerai Indosat Ooredoo, Jakarta, Rabu (16/9/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Saham PT Indosat Ooredo Tbk. (ISAT) melemah meskipun akan meresmikan merger dengan PT Hutchison 3 Indonesia (H3I) atau Tri Indonesia pada hari ini, Selasa (4/1/2022).

Pada pukul 09.34 WIB, saham ISAT turun 1,17 persen atau 75 poin menjadi Rp6.350. Sepanjang pagi ini, saham ISAT bergerak di rentang Rp6.300-Rp6.475.

Total transaksi saham ISAT pagi ini senilai Rp7,59 miliar. Kapitalisasi pasar Indosat Rp34,51 triliun dengan valuasi PER 4,46 kali.

Dalam undangan Indosat, perusahaan akan menyampaikan konferensi pers mengenai merger Indosat-Tri dalam acara bertajuk Bersatu untuk Indonesia hari ini, Selasa (4/1/2022). Dalam acara tersebut, Indosat-Tri akan resmi meluncurkan perusahaan merger.

Sebelumnya rapat umum pemegang saham luar biasa Indosat pada Selasa (28/12/2021), 99,99 persen pemegang saham menyetujui penggabungan usaha dengan Tri Indonesia. Dengan demikian merger akan mulus hingga melahirkan entitas baru bernama PT Indosat Ooredo Hutchison.

"Kombinasi Indosat dan H3I akan menciptakan perusahaan telekomunikasi dan internet digital kelas dunia yang lebih besar sehingga memberikan nilai lebih bagi pemegang saham, pelanggan, serta Indonesia," papar manajemen Indosat dalam keterangan resmi.

Berikut estimasi jadwal penggabungan usaha antara Indosat dengan H31, mengutip dari prospektus.

- Tanggal estimasi pernyataan efektif penggabungan diterbitkan oleh OJK selambat-lambatnya pada 28 Desember 2021.

- RUPSLB Indosat untuk menyetujui Rancangan Penggabungan Usaha, perubahan Anggaran Dasar Indosat, dan perubahan komposisi Direksi dan Dewan Komisaris hasil dari Penggabungan Usaha pada 28 Desember 2021.

- Pemberitahuan hasil RUPSLB kepada OJK dan pengumuman hasil RUPSLB dalam 2 surat kabar pada 30 Desember 2021.

- Pengumuman dari BEI pada awal hari perdagangan saham Indosat yang baru diterbitkan pada 4/5 Januari 2022.

- Penandatanganan Akta Penggabungan pada 4 Januari 2022, disertai pelaporan Akta Penggabungan dan perubahan Anggaran Dasar
Indosat dan perubahan komposisi Direksi dan Dewan Komisaris.

- Tanggal Efektif Penggabungan (dan efektivitas pengendalian bersama oleh CK Hutchison Indonesia dan Ooredoo South East Asia di Perusahaan Penerima Penggabungan Usaha) juga pada 4 Januari 2022

- Laporan kepada OJK tentang pelaksanaan Penggabungan Usaha pada 11 Januari 2022. Pengumuman atas penyelesaian Penggabungan di surat kabar pada 3 Februari 2022.

- Jangka waktu pembelian kembali saham bagi pemegang saham Indosat yang tidak setuju dengan penggabungan usaha dan berniat untuk menjual sahamnya pada 5 Januari sampai dengan 18 Januari 2022. Penyelesaian pembelian kembali saham pada 25 Januari 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper