Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Smartfren FREN Targetkan Pendapatan Tumbuh Dobel Digit pada 2022

Manajemen Grup Sinar Mas Smartfren mengaku optimistis bahwa pendapatan pada 2022 akan mencapai double digit
Pandu Gumilar
Pandu Gumilar - Bisnis.com 28 Desember 2021  |  15:21 WIB
Model memperlihatkan aplikasi khusus streaming musik dari Smartfren yaitu SmartMusic saat peluncurannya di Jakarta, Minggu (10/2/2019). - Bisnis/Abdullah Azzam
Model memperlihatkan aplikasi khusus streaming musik dari Smartfren yaitu SmartMusic saat peluncurannya di Jakarta, Minggu (10/2/2019). - Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - PT Smartfren Telecom Tbk. (FREN) menargetkan pendapatan pada tahun depan mampu tumbuh dobel digit.

Direktur Smartfren Telecom Anthony Susilo mengaku optimistis bahwa pendapatan pada 2022 akan mencapai dobel digit. Keyakinan itu, lanjutnya, ditopang oleh hasil kinerja dari tahun-tahun sebelumnya.

"Perlu saya sampaikan bahwa secara historis untuk pendapatan masih bagus, karena pertumbuhan mampu dobel digit dan akan pertahankan hingga di atas 10 persen tahun depan," katanya pada Selasa (28/12/2021).

Berdasarkan data perseroan, compound annual growth rate (CAGR) antara 2018 hingga 2020 pendapatan FREN naik 31 persen. Adapun secara yoy pada kuartal III/2021 tumbuh 12 persen menjadi Rp7,64 triliun.

Sementara dari sisi bottom line, anak usaha Grup Sinar Mas itu masih membukukan kerugian sebesar Rp442 miliar. Adapun CAGR menunjukkan tren penurunan kerugian sebanyak 35 persen antara 2018 hingga 2020.

Anthony menegaskan dengan pertumbuhan pendapatan tahun depan terdapat kemungkinan kerugian bersih perseroan semakin mengecil. Pasalnya dari sisi laba operasional, FREN telah menunjukkan hasil positif.

"Kalau saya melihat mayoritas pengeluaran berasal dari operasional sebesar 75 persen yang menjadi biaya tetap, sedangkaj sisanya tergantung variabel. Jadi jika revenue semakin bagus maka EBITDA akan semakin membaik," ungkapnya.

Anthony berharap tahun depan bottom line akan menunjukkan perbaikan yang signifikan.

Sementara itu, Presiden Direktur Smartfren Telecom Merza Fachys menambahkan jika pertumbuhan pelanggan dari 27,5 juta menjadi 32,5 juta hingga kuartal III/2021 dapat menopang pertumbuhan pendapatan. Dia berharap antara pendapatan dan Ebitda dapat terus tumbuh stabil.

"Dengan momentum pertumbuhan 2022 akan lebih bagus lewat beberapa strategi. Yaitu, tetap memperkaya pengalaman digital melalui mysf, kami akan kembangkan revenue stream lewat beyond telco dengan cara berkolaborasi partner lokal dan global. Lalu pada saat yang tepat akan gelar 5G," pungkasnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sinar mas smartfren telekomunikasi Kinerja Emiten
Editor : Hafiyyan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top