Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Beli Emas Masih Menarik di 2022, Tips: Pakai ‘Uang Dingin’

Emas sebagai komoditas masih menarik meskipun secara global terdapat berbagai tekanan baik dari tapering AS dan juga kenaikan suku bunga.
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 20 Desember 2021  |  18:14 WIB
Emas Comex. - .Bloomberg
Emas Comex. - .Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Emas merupakan salah satu aset berharga yang cocok untuk investasi jangka panjang. Menuju 2022, emas juga diperkirakan masih menarik untuk dijadikan salah satu aset lindung nilai.

Tim Research and Development ICDX Nikolas Prasetia mengatakan bahwa pada 2022, emas sebagai komoditas juga masih menarik, meskipun secara global terdapat berbagai tekanan baik dari tapering AS dan juga kenaikan suku bunga.

“Melihat adanya kemungkinan The Fed menaikkan suku bunga 2-3 kali. Untuk 2022, emas masih terlihat akan terus menarik, karena sifat emas yang merupakan aset berisiko kecil dan juga sebagai alternatif investasi,” ujarnya kepada Bisnis, Senin (20/12/2021).

Pada dasarnya untuk 2022, harapan pasar terhadap The Fed terlihat cukup tinggi, dengan penyelesaian stimulus akan berjalan lebih cepat ditambah dengan perubahan suku bunga hingga 3 kali sampai akhir tahun 2022.

Dengan kenaikan suku bunga ini, biasanya akan membuat obligasi menjadi menarik karena memberikan kupon yang lebih baik dibandingkan emas.

“Dengan demikian, untuk aset emas, pergerakan harganya akan menjadi lebih menarik baik bagi para pencari harga emas murah maupun bagi para pelaku pasar yang memanfaatkan fluktuasi harga,” jelasnya.

Nikolas juga membagikan tips untuk investasi emas. Karena nilai emas yang tidak tergerus oleh waktu, untuk investasi atau membeli bisa dilakukan kapan saja selama menyesuaikan dengan kebutuhan sehari-hari.

“Salah satu tipsnya adalah dengab menggunakan “uang dingin” untuk membeli emas,” kata dia.

Adapun, untuk berinvestasi pada emas fisik pun biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa mencapai posisi untung.

Kemudian, perlu juga memperhatikan dan memperhitungkan biaya ongkos cetak emas sebelum melakukan pembelian emas.

Pada 2022, ICDX memproyeksikan rentang perdagangan harga emas global dapat berada di kisaran fluktuasi US$1.750- US$1.850 per troy ons sepanjang tahun.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Harga Emas Hari Ini harga emas dunia Emas Comex
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top