Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Miliki 400.000 Nasabah, Raiz Invest Targetkan Penjualan Naik

PT Raiz Invest Indonesia memiliki lebih dari 400.000 akun investor, naik 50 persen dari akhir tahun 2020.
ilustrasi investasi reksa dana
ilustrasi investasi reksa dana

Bisnis.com, JAKARTA – Platform investasi keuangan PT Raiz Invest Indonesia miliki lebih dari 400.000 akun atau tumbuh 50 persen dari posisi akhir tahun lalu.

Fahmi Arya Wicaksana, CEO Raiz Indonesia, mengatakan jumlah itu melampaui target 350.000 akun yang awalnya ditetapkan hingga akhir tahun ini. Adapun nasabah aktif agen penjual Reksa Dana (APERD) online itu mencapai 200.000 akun nasabah.

“Kami menargetkan dapat menjaga momentum pertumbuhan jumlah nasabah dan pendapatan perseroan sebesar 10 persen per bulan. Setelah fase keberlangsungan ini terjaga, Raiz Indonesia mulai berinovasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap ragam produk keuangan di platform perusahaan,” ujar Fahmi dalam siaran pers (10/11/2021).

Menurutnya lonjakan pertumbuhan nasabah ikut mendorong pertumbuhan nilai produk reksa dana yang dijual (fund under management/FUM) Raiz Indonesia saat ini Rp6 miliar dan ditarget menjadi Rp10 miliar pada akhir tahun ini.

Fahmi mengatakan pengembangan Raiz Indonesia mulai digiatkan menjelang akhir tahun ini dalam bentuk pengembangan produk, pengembangan manajemen, dan pengembangan fitur.

Salah satu bentuk pengembangan produk adalah didistribusikannya produk Reksa Dana Trimegah Fixed Income Plan (TFIP) yang dilengkapi fitur perlindungan asuransi jiwa.

Sebagai informasi, TFIP adalah produk Reksa Dana Pendapatan Tetap yang dikelola oleh Manajer Investasi PT Trimegah Asset Management dan dipasarkan oleh Raiz Indonesia sebagai APERD.

Antony Dirga, CEO Trimegah Asset Management, mengatakan produk reksa dana tersebut memiliki mayoritas portofolio investasi berupa obligasi korporasi dengan durasi 2-3 tahun danperingkat minimal di atas level layak investasi. Menurutnya dapat berinvestasi pada TFIP mulai dari Rp 100.000.

“Uniknya, investor TFIP dengan investasi di atas Rp10 juta akan mendapatkan asuransi jiwa gratis dengan nilai uang pertanggungan hingga Rp1 miliar. Fitur tambahan berupa manfaat asuransi tersebut disediakan PT Avrist Assurance tanpa dikenakan biaya premi tambahan serta tanpa memotong nilai investasi Reksa Dana nasabah,” ujar Antony.

Sampai dengan Oktober 2021, TFIP mencatatkan kinerja pengembalian investasi 18,38 persen sejak peluncuran perdana pada 23 Mei 2019. Return tersebut masih lebih tinggi dibandingkan dengan benchmark-nya, yaitu rata-rata tingkat deposito berjangka 6 bulan dengan return 10,57 persen pada periode yang sama.

Selain itu, per akhir Oktober 2021, dana kelolaan reksa dana tersebut telah mencapai Rp 168,87 miliar. Raiz Indonesia menetapkan target penjualan TFIP senilai Rp 10 miliar hingga akhir tahun depan. TFIP merupakan hasil dari seleksi produk di Raiz Invest Indonesia yang dilakukan oleh investment specialist Raiz Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Pandu Gumilar
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper