Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IHSG Terdorong Rekor Wall Street, Rekomendasi Saham AKRA, LPPF, hingga BBTN

IHSG ditopang penguatan wall street, peningkatan harga komoditas, dan penguatan rupiah.
Karyawati beraktivitas di sekitar logo PT Bursa Efek Indonesia di Jakarta, Kamis (4/6/2020). Bisnis/Arief Hermawan P
Karyawati beraktivitas di sekitar logo PT Bursa Efek Indonesia di Jakarta, Kamis (4/6/2020). Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA – Analis mengungkapkan penguatan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Selasa (9/11/2021), tidak dapat terhindar karena beberapa sentimen positif yang mendukung.

Direktur MNC Asset Management Edwin Sebayang menyebutkan sentimen positif tersebut mulai dari pergerakan indeks global yang positif, kenaikan harga komoditas, hingga menguatnya nilai tukar rupiah.

“Penguatan IHSG Selasa ini tidak dapat dihindarkan menyusul cukup banyaknya sentimen positif yang mendorongnya,” ungkap Edwin dalam publikasi riset dikutip Selasa (9/11/2021).

Mulai dari penguatan indeks Dow Jones (DJIA) sebesar 0,56 persen, setelah Kongres Amerika Serikat meloloskan Rancangan Undang-undang (RUU) belanja infrastruktur senilai US$1 triliun dari Presiden AS Joe Biden.

Selain itu Edwin mengungkapkan indeks harga saham emiten asal Indonesia yang diperdagangkan di bursa Amerika Serikat I Shares MSCI Indonesia ETF (EIDO) naik 0,93 persen.

Ditambah dengan naiknya beberapa harga komoditas seperti; minyak naik 1,81 persen, batu bara naik 6,77persen, emas naik 0,41 persen, minyak sawit (CPO) naik 0,41 persen, nikel naik 0,95 persen dan timah naik 0,90 persen.

Edwin juga melanjutkan bahwa nilai tukar rupiah terhadap dolar AS juga terapresiasi sehingga kembali ke level Rp14.200-an per dolar AS.

“Di awal minggu ini, Senin, ada peluang IHSG untuk menguat didorong cukup banyaknya sentimen positif yang lalu-lalang,”ungkap Edwin dalam publikasi riset dikutip Senin (8/11/2021).

Edwin pun memprediksi IHSG hari ini akan bergerak di rentang 6.584 - 6.623, dan rupiah di rentang Rp14.185 - Rp14.320 per dolar AS.

Sementara itu, Edwin merekomendasikan untuk membeli saham AKRA, LPPF, SRTG, BTPS, ISAT, MAPI, PRDA, BBTN, PWON, ERAA.

IHSG ditutup menguat pada perdagangan Senin (8/11/2021) dengan naik 0,77 persen atau 50,51 poin ke level 6.632,30. Sepanjang hari, indeks bergerak di rentang 6.592,06 - 6.637,01.


Disclaimer: Berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper