Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pasar Saham Makin Ramai, Kapitalisasi Pasar BEI Tembus Rp8.000 Triliun

Kapitalisasi pasar di Bursa Efek Indonesia saat ini tercatat senilai Rp8.036,14 triliun.
Dwi Nicken Tari
Dwi Nicken Tari - Bisnis.com 13 Oktober 2021  |  09:40 WIB
Presiden Direktur PT Bursa Efek Indonesia Inarno Djayadi menyampaikan sambutan pada pembukaan perdagangan saham, di Jakarta, Kamis (17/1/2019). - Bisnis/Dedi Gunawan
Presiden Direktur PT Bursa Efek Indonesia Inarno Djayadi menyampaikan sambutan pada pembukaan perdagangan saham, di Jakarta, Kamis (17/1/2019). - Bisnis/Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA - Transaksi jual-beli saham di Bursa Efek Indonesia kian ramai jelang akhir tahun. Kapitalisasi pasar di BEI pun menembus Rp8.000 triliun pagi ini.

Berdasarkan data Bloomberg pada Rabu (13/10/2021), IHSG naik 0,57 persen menjadi 6.522 pada pukul 09.13 WIB. Sejak awal tahun, indeks terangkat 9,24 persen dan sejak setahun terakhir sudah melambung hingga 29,64 persen.

Kapitalisasi pasar di Bursa Efek Indonesia saat ini tercatat senilai Rp8.036,14 triliun.

Pagi ini volume transaksi terpantau sebanyak 3.335 milair saham dengan frekuensi 257.600 kali. Nilai turnover tercatat senilai Rp2,51 triliun.

Belum lama ini, Kepala Riset Praus Capital Alfred Nainggolan menyebutkan pada kuartal IV/2021 IHSG akan cenderung bergerak bullish. Salah satu sentimen pendukungnya ialah proses pemulihan ekonomi di Indonesia yang terus berjalan hingga kini.

"Sentimen ini juga didukung oleh tren serupa pada pasar global yang ditambah dengan konsistensi catatan net buy investor asing di Indonesia yang terjadi pada akhir tahun," jelasnya saat dihubungi.

Alfred juga memperkirakan window dressing akan kembali terjadi di tahun ini. Hal tersebut seiring dengan masih banyaknya saham-saham blue chip yang harga sahamnya dibawah performa pasar.

Window dressing tersebut utamanya akan terjadi pada bulan Desember. Menurut Alfred, sentimen window dressing memang kerap terjadi pada bulan tersebut yang berimbas pada kenaikan IHSG.

"Dalam 20 tahun terakhir di Desember, IHSG mengalami return positif seiring dengan munculnya window dressing," jelasnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

IHSG bursa efek indonesia Indeks BEI kapitalisasi pasar
Editor : Hafiyyan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top