Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Merger Bikin Fitch Pangkas Rating Indosat (ISAT), Ooredo dan Hutchison Beri Dukungan

Indosat akan memiliki dua pengendali setelah merger dengan operator telekomunikasi 3, haitu Ooredo Group dan Hutchison Holdings.
Pandu Gumilar
Pandu Gumilar - Bisnis.com 29 September 2021  |  14:15 WIB
Emiten telekomunikasi PT Indosat Tbk (ISAT) meluncurkan layanan 5G komersial pertama di Surakarta, Jawa Tengah, pada Selasa (22/6/2021). -  Indosat.
Emiten telekomunikasi PT Indosat Tbk (ISAT) meluncurkan layanan 5G komersial pertama di Surakarta, Jawa Tengah, pada Selasa (22/6/2021). - Indosat.

Bisnis.com, JAKARTA – PT Indosat Tbk. (ISAT) menyatakan perseroan akan menikmati dukungan penuh dari dua pemegang saham yang kuat.

Sebagaimana diketahui, ISAT akan memiliki dua pengendali setelah merger dengan operator telekomunikasi 3, haitu Ooredo Group dan Hutchison Holdings. Meski demikian, lembaga pemeringkat Fitch Ratings justru menyematkan status negatif pada perseroan.

Manajemen Indosat mengatakan sebagai konsekuensi dari penggabungan usaha perseroan tidak lagi menjadi anak perusahaan Grup Ooredoo. Oleh karena itu, klausul cross-default dalam dokumentasi utang Ooredoo tidak berlaku lagi.

Atas dasar ini, Fitch percaya bahwa utang Indosat tidak akan lagi mendapat manfaat dari ketentuan cross-default dalam dokumentasi utang Ooredoo. Akibatnya terjadi penghapusan peningkatan tiga tingkat saat ini dari dukungan keuangan tersirat yang mengakibatkan kemungkinan penurunan peringkat perseroan satu sampai dua notch.

“Kami percaya perseroan akan meningkatkan kekuatan keuangan dan metrik kredit yang dihasilkan dari rencana penggabungan usaha dengan PT Hutchison 3 Indonesia (H3I),” sebut manajemen Indosat pada Rabu (29/9/2021) dalam keterangan resmi.

Manajemen menyatakan akan mendekati lembaga pemeringkat kredit untuk menyoroti sinergi yang diharapkan dan poin positif dari penggabungan usaha dan peningkatan struktural ke sektor secara keseluruhan.

ISAT juga akan meminta lembaga pemeringkat untuk seimbang dalam memberikan pertimbangan kelayakan kredit dengan menunjukkan faktor-faktor yang dapat menyebabkan peningkatan peringkat. Selain itu, menyoroti momentum kuat dari kinerja yang telah dialami oleh perseroan dan kesinambungan manajemen ke dalam penggabungan usaha.

Operator berwarna kuning itu juga berencana menunjukkan kekuatan kedua pemegang saham pengendali tersebut antara lain diangkatnya wakil-wakil mereka dalam jajaran.

“Kami percaya bahwa diskusi kami dengan Fitch dan lembaga pemeringkat lainnya sebelum penutupan penggabungan usaha dapat membatasi tingkat potensi penurunan peringkat,” pungkas manajemen Indosat.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

indosat fitch ratings merger indosat ooredoo
Editor : Hafiyyan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top