Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BNP Paribas AM Luncurkan Reksa Dana Indeks ETF IDXGrowth30

Reksa Dana Indeks BNP Paribas IDX Growth30 ETF, sebagai alternatif dan peluang diversifikasi bagi para investor untuk menangkap momentum pertumbuhan dari 30 perusahaan dengan tema pertumbuhan.
Ika Fatma Ramadhansari
Ika Fatma Ramadhansari - Bisnis.com 21 September 2021  |  12:36 WIB
Presiden Direktur BNP Paribas AM Priyo Santoso pada Selasa (21/9 - 2021) meluncurkan Reksa Dana Indeks BNP Paribas IDX Growth30 ETF.
Presiden Direktur BNP Paribas AM Priyo Santoso pada Selasa (21/9 - 2021) meluncurkan Reksa Dana Indeks BNP Paribas IDX Growth30 ETF.

Bisnis.com, JAKARTA – PT BNP Paribas Asset Management (BNP Paribas AM) hari ini, Selasa (21/9/2021) meluncurkan Reksa Dana Indeks BNP Paribas IDX Growth30 ETF yang merupakan produk reksa dana Exchange Traded Fund (ETF) pertama dari perusahaan manajer investasi tersebut.

Produk ETF yang diluncurkan secara resmi oleh perusahaan dan Bursa Efek Indonesia (BEI) secara virtual tersebut terdaftar dengan kode perdagangan XBIG yang mulai diperdagangkan pada pagi ini dengan nominal sebesar Rp500 per unit penyertaan.

Berdasarkan keterangan resmi BNP Paribas AM, produk reksa dana tersebut diperdagangkan di BEI untuk memberikan eksposur bagi para investor ke 30 perusahaan dengan tema “pertumbuhan” dengan mengikuti kinerja indeks IDXGrowth30.

Presiden Direktur BNP Paribas AM Priyo Santoso mengungkapkan pertumbuhan ETF yang semakin popular di kalangan investor Indonesia terutama bagi investor institusi.

Berdasarkan data yang dikelola Otoritas Jasa Keuangan, dalam lima tahun terakhir, produk ETF di Indonesia mengalami pertumbuhan 114 persen ke Rp14,8 triliun per Agustus 2021. Meski demikian, produk ETF masih 2,74 persen dari total dana kelolaan (NAB) industri.

“Untuk itu, kami menghadirkan Reksa Dana Indeks BNP Paribas IDX Growth30 ETF, sebagai alternatif dan peluang diversifikasi bagi para investor untuk menangkap momentum pertumbuhan dari 30 perusahaan dengan tema pertumbuhan,” kata Priyo dalam keterangan resmi BNP Paribas AM, Selasa (21/9/2021).

Menurut Priyo, terdapat beberapa keunggulan berinvestasi melalui ETF diantaranya transaksi secara real-time, di mana harga juga tersedia secara langsung di bursa, sehingga memungkinkan investor untuk bertransaksi intra-day, selama jam perdagangan bursa.

Lebih lanjut, Priyo menjelaskan bahwa perusahaan memilih untuk mengikuti pergerakan indeks IDX Growth 30 yang telah terseleksi oleh BEI dan memiliki tren pertumbuhan laba yang baik dengan tujuan memperkenalkan investor pada manfaat dari berinvestasi dengan tema pertumbuhan tersebut.

BNP Paribas AM pun bekerjasama dengan PT Indo Premier Sekuritas sebagai dealer partisipan.

Sebagai informasi, ETF merupakan produk reksa dana dalam bentuk kontrak investasi kolektif yang unitnya diperdagangkan di bursa efek.

Transaksi ETF tersedia di pasar primer melalui dealer partisipan, dan di pasar sekunder melalui perusahaan sekuritas (broker).

Investor institusi dapat melakukan pembelian unit penyertaan Reksa Dana Indeks BNP Paribas IDX Growth30 ETF melalui pasar primer dan pasar sekunder, sedangkan investor individu hanya bisa bertransaksi melalui pasar sekunder.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

reksa dana bnp paribas investasi reksa dana etf Exchange Traded Funds
Editor : Hafiyyan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top