Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Emiten Grup Astra, Astragraphia (ASGR) Catat Pendapatan Rp1,25 Triliun pada Semester I/2021

Penguatan penetrasi pasar dan percepatan realisasi peluang bisnis di area IT Services berhasil meningkatkan pendapatan bersih ASGR.
RUPST Tahun 2021 PT Astra Graphia Tbk./Istimewa
RUPST Tahun 2021 PT Astra Graphia Tbk./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Unit bisnis percetakan Astra, PT Astra Graphia Tbk (ASGR) membukukan peningkatan pendapatan bersih sebesar 4 persen pada kuartal II/2021 dibandingkan kuartal I/2021.

Berdasarkan laporan keuangan ASGR per 30 Juni 2021, perusahaan mencatatkan pendapatan Rp1,25 triliun, turun 13,47 persen year on year (yoy) dari sebelumnya Rp1,45 triliun.

Sementara itu, laba yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk mencapai Rp18,05 miliar. Nilai itu turun 13,8 persen yoy dari Rp20,94 miliar pada semester I/2020.

Dibandingkan dengan pencapaian paruh pertama di tahun 2020, pendapatan bersih dari unit usaha Solusi Teknologi Informasi meningkat, sedangkan pendapatan bersih dari unit usaha Solusi Dokumen dan Solusi Perkantoran menurun.

Presiden Direktur Astra Graphia Hendrix Pramana mengatakan penguatan penetrasi pasar dan percepatan realisasi peluang bisnis di area IT Services berhasil meningkatkan pendapatan bersih unit usaha Solusi Teknologi Informasi yang dijalankan oleh entitas anak PT Astra Graphia Information Technology (AGIT).

"Pada unit usaha Solusi Dokumen, rendahnya tingkat aktivitas di lingkungan perkantoran berdampak pada penurunan volume cetak, sehingga pendapatan berulang (annuity) masih belum bertumbuh," katanya, Rabu (28/7/2021).

Kendati demikian, secara perlahan aktivitas pencetakan di sektor Graphic Art terlihat mengalami pemulihan dibandingkan periode semester pertama tahun lalu.

Melalui unit usaha Solusi Dokumen, Astragraphia sebagai Distributor Eksklusif FUJIFILM Business Innovation (yang sebelumnya dikenal sebagai Fuji Xerox), akan terus memperkuat dan memperluas penetrasi pasar, serta menciptakan inovasi yang relevan terhadap kebutuhan pelanggan.

PT Astragraphia Xprins Indonesia (AXI), entitas anak yang menjalankan unit usaha Solusi Perkantoran, telah menandatangani kontrak sebagai penyedia Katalog Elektronik Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) pada 14 Juni 2021.

Menghadapi kondisi perekonomian yang masih dibayangi oleh ketidakpastian, Astragraphia melakukan adaptasi, mitigasi, dan mengedepankan operational excellence dalam setiap proses di seluruh lini bisnis.

Hingga 30 Juni 2021, Astragraphia telah melakukan perbaikan di beberapa pos pengeluaran dan mampu mengefisienkan biaya operasional sebesar 4 persen.

Dalam segala kondisi, Astragraphia berkomitmen untuk memberikan kualitas pelayanan pelanggan yang terbaik dengan tetap memprioritaskan kesehatan dan keselamatan karyawan.

Astragraphia senantiasa mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan kerja dan secara aktif mengajak karyawan beserta keluarga untuk mengikuti program vaksin Covid-19 baik melalui Vaksinasi Program Pemerintah maupun Vaksinasi Gotong Royong.

“Sejak bulan Mei 2021, Astragraphia telah melakukan pemetaan karyawan beserta keluarga inti untuk mengikuti program Vaksinasi Gotong Royong. Astragraphia menjadwalkan keikutsertaan karyawan di wilayah Jakarta dan kota-kota besar lainnya pada program Vaksinasi Gotong Royong bersama Grup Astra di kuartal III/2021," urainya.

Program vaksinasi ini akan berlangsung secara bertahap. Diharapkan karyawan Astragraphia dan keluarga yang telah divaksin dapat terlindungi dari Covid-19 serta membantu pemerintah dalam mempercepat terwujudnya herd immunity untuk mendorong pemulihan perekonomian nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper