Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Minat Belanja Jelang Lebaran Naik, Emiten Peritel Siap Cuan

Sejumlah emiten peritel diperkirakan menerima keuntungan pada ramadan tahun ini meskipun pemerintah melarang mudik.
Finna U. Ulfah
Finna U. Ulfah - Bisnis.com 30 April 2021  |  12:15 WIB
Sejumlah pengunjung melihat barang-barang yang dijual dengan harga diskon di sebuah pusat perbelanjaan di Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (7/12/2019) - ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah
Sejumlah pengunjung melihat barang-barang yang dijual dengan harga diskon di sebuah pusat perbelanjaan di Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (7/12/2019) - ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten peritel menantikan katalis positif bagi kinerja keuangannya tahun ini seiring dengan peningkatan minat belanja menjelang lebaran 2021 yang tercermin dari mulai padatnya kunjungan ke pusat perbelanjaan.

Analis Mirae Asset Sekuritas Indonesia, termasuk Haroyanto Wijaya dan Emma A. Fauni, dalam riset terbarunya menjelaskan bahwa sejumlah emiten peritel akan menerima keuntungan pada ramadan tahun ini meskipun pemerintah melarang mudik.

Pada tahun ini, pemerintah mewajibkan perusahaan untuk membayar penuh tunjangan hari raya (THR), sedangkan jika dibandingkan dengan tahun lalu pemerintah memberikan izin perusahaan untuk membayar sebagian jumlah THR atau dibayarkan dalam cicilan.

“Selain itu, gerai peritel tahun ini pun sudah mulai beroperasi secara penuh dibandingkan dengan Ramadan tahun lalu hanya peritel esensial seperti supermarket dan apotik yang diizinkan untuk beroperasi,” tulis Mirae Asset Sekruitas dikutip dari risetnya, Jumat (30/4/2021).

Adapun, tim analis Mirae Asset Sekuritas melakukan pemeriksaan lapangan di sejumlah pusat perbelanjaan di Jakarta pada Sabtu, 24 April 2021 untuk melihat secara langsung minat belanja jelang lebaran.

Hasilnya, Mirae Asset melihat minat belanja bagi masyarakat menengah ke bawah meningkat secara signifikan yang juga tercermin dari kemacetan di jalanan menuju pusat perbelanjaan.

Masyarakat di pasar itu telah meningkatkan belanja untuk pakaian dan sepatu untuk menyambut IdulFitri sehingga fenomena ini diyakini menguntungkan PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk. (RALS).

Selain itu, peningkatan minat belanja juga terjadi bagi masyarakat menengah ke atas. Mirae Asset melihat peningkatan signifikan trafik belanja di gerai olah raga dan department store milik PT Mitra Adi Perkasa Tbk. (MAPI) seiring dengan belanja menuju lebaran.

Gerai telepon selular seperti Erafone dan Ibox milik PT Erajaya Swasembada Tbk. (ERAA) juga mengalami kenaikan trafik pengunjung.

“Oleh karena itu, menurut kami, pendapatan MAPI dan ERAA dapat meningkat karena trafik pengunjung sudah mulai meningkat. Sementara itu, kami memperkirakan pendapatan PT Ace Hardware Indonesia Tbk. [ACES] tetap lemah karena trafik pengunjung yang belum naik signifikan,” jelas Mirae Asset.

Secara keseluruhan, Mirea Asset mempertahankan saham pilihannya yang lebih condong ke sektor perbankan, rumah sakit, agrikultur, pertambangan, unggas, dan konsumer. Saham pilihannya adalah BBRI, HEAL, SIMP, ANTM, UNTR, JPFA, MAIN, dan INDF.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

belanja pusat perbelanjaan konsumsi emiten ritel
Editor : Annisa Sulistyo Rini

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top