Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Adhi Karya (ADHI) Bersama KPBU Rampungkan SPAM Umbulan di Jawa Timur

SPAM Umbulan sudah diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo pada awal pekan ini, Senin (22/3/2021).
Dwi Nicken Tari
Dwi Nicken Tari - Bisnis.com 25 Maret 2021  |  10:46 WIB
Presiden Joko Widodo dalam acara peresmian Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur pada Senin, 22 Maret 2021 / Youtube Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo dalam acara peresmian Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur pada Senin, 22 Maret 2021 / Youtube Sekretariat Presiden

Bisnis.com, JAKARTA – Emiten kontraktor PT Adhi Karya (Persero) Tbk. merampungkan pengerjaan proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan. 

SPAM Umbulan sudah diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo pada awal pekan ini, Senin (22/3/2021), bersama jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju, yakni Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimoeljono, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Turut hadir dalam peresmian itu Gubenur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Direktur Operasi I Adhi Karya A. Suko Widigdo.

Sekretaris Perusahaan Adhi Karya Parwanto Noegroho mengatakan pembangunan SPAM Umbulan telah direncanakan jauh sejak 1973 namun perencanaan pembangunannya sempat hilang beberapa saat.

“Hingga tahun 2010 pada era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, pemerintahan melanjutkan prakualifikasi pelaksana proyek tersebut. Tak berhenti, pembangunan kemudian dilanjutkan oleh Adhi Karya selaku salah satu kontraktor pelaksana,” tulis Parwanto dalam keterangan resmi, dikutip Kamis (25/3/2021).

Dalam proyek tersebut, emiten dengan kode saham ADHI ini mengerjakan Pembangunan SPAM Regional Umbulan-Offtake Kabupaten Pasuruan dan Kota Pasuruan Provinsi Jawa Timur.

Lingkup pekerjaan yang dilakukan ADHI a.l. pemasangan pipa HDPE distribusi utama sepanjang 37.854 meter, pembangunan 6 menara resevoir, dan 1 buah ground resevoir.

ADHI juga mengerjakan pekerjaan mekanikal, elektrikal dan SCADA. Pekerjaan proyek SPAM Umbulan ini memakan waktu selama 22 bulan dengan masa pemeliharaan selama 12 bulan.

Parwanto menyebut SPAM Umbulan merupakan proyek SPAM pertama yang menggunakan skema Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU), serta merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional dan Proyek Prioritas. SPAM.

SPAM Umbulan akan melewati jaringan transmisi sepanjang 92,3 kilometer dengan melewati 16 titik pasokan.

Aliran ini bertujuan untuk memberikan curahan air sebesar 4000 liter per detik ke 5 Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), yakni Kabupaten dan Kota Pasuruan, Kabupaten Gresik, Kabupaten Sidoarjo, hingga Kota Surabaya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

adhi karya proyek infrastruktur
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top