Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

2 Anak Usaha BUMN Berpeluang IPO Tahun Ini. Siapa Saja?

Selain dua anak usaha BUMN itu, aksi perusahaan pelat merah di bursa pada tahun ini akan dilakukan oleh PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BRIS), yang berencana rights issue.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 11 Maret 2021  |  00:42 WIB
Logo baru Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terpasang di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (2/7/2020). ANTARA FOTO - Aprillio Akbar
Logo baru Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terpasang di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (2/7/2020). ANTARA FOTO - Aprillio Akbar

Bisnis.com, JAKARTA - Dua anak usaha BUMN memiliki peluang untuk melakukan penawaran saham perdana (initial public offering/IPO) alias melantai di Bursa pada tahun ini.

"Ada dua peluang IPO, yaitu Mitratel dan Pertamina Geothermal," ujar Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo dilansir Tempo.co, Rabu (10/3/2021).

Sebagai informasi, Mitratel adalah anak usaha PT Telkom Indonesia Tbk. yang bergerak di bidang menara telekomunikasi. Sementara itu, Pertamina Geothermal adalah anak usaha PT Pertamina (Persero) di bidang panas bumi.

Selain dua anak usaha BUMN itu, aksi perusahaan pelat merah di bursa pada tahun ini akan dilakukan oleh PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BRIS). Bank hasil merger tiga bank syariah ini menerbitkan saham baru melalui rights issue.

"Ini merupakan bagian dari ketentuan free float dan juga untuk mencari mitra strategis," ujar Tiko, sapaan akrab Kartika.

Berdasarkan data yang ditampilkannya, BSI akan melakukan rights issue dengan nilai mencapai US$500 juta atau sekitar Rp7,21 triliun (asumsi nilai tukar Rp 14.421 per dolar AS).

Dalam kesempatan itu, Tiko juga menyebut aksi korporasi dari BUMN maupun anak usahanya akan berlanjut pada 2022 dan 2023.

Tahun depan, dia mengatakan Holding BUMN Rumah Sakit Indonesia Healthcare Corporation juga akan melantai di bursa. Sementara itu, Bank BNI dan Bank BTN direncanakan melakukan rights issue.

Adapun pada 2023, dua anak BUMN berencana melantai di bursa, mereka adalah Telkom Indonesia Data Center dan WIKA Realty.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bursa efek indonesia BUMN ipo kartika wirjoatmodjo

Sumber : Tempo.co

Editor : Annisa Sulistyo Rini

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top