Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Harga Minyak Dunia Dalam Tren Positif, Ini Tanggapan Manajemen Chandra Asri (TPIA)

Kenaikan harga minyak dunia turut berimbas pada perhitungan pada rantai produksi perusahaan.
Lorenzo Anugrah Mahardhika
Lorenzo Anugrah Mahardhika - Bisnis.com 04 Maret 2021  |  15:53 WIB
Pekerja mengoperasikan mesin di komplek pabrik PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA), Cilegon, Banten. - Antara / Muhammad Iqbal
Pekerja mengoperasikan mesin di komplek pabrik PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA), Cilegon, Banten. - Antara / Muhammad Iqbal

Bisnis.com, JAKARTA – Kenaikan harga minyak global dinilai menimbulkan efek positif untuk emiten petrokimia, PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA).

Direktur Chandra Asri Petrochemical Suryandi mengatakan, kenaikan harga minyak dunia turut berimbas pada perhitungan pada rantai produksi perusahaan. Salah satu dampak yang dirasakan perusahaan adalah menguatnya harga bahan baku seperti naphtha craker.

Kendati demikian, Suryandi menuturkan, kenaikan harga minyak turut diikuti oleh peningkatan permintaan terhadap produk-produk petrokimia seperti plastik. Pasalnya, dengan pandemi virus corona yang masih berlangsung, masyarakat semakin membutuhkan plastik sebagai bahan pembungkus atau wadah penyimpanan.

“Hal ini membuat margin perusahaan juga semakin bagus,” katanya dalam konferensi pers pada Kamis (4/3/2021).

Berdasarkan faktor-faktor tersebut, Suryandi mengatakan perusahaan tidak merasa perlu untuk melakukan lindung nilai (hedging).

Direktur Keuangan TPIA Andre Khor menambahkan, fokus perusahaan tidak hanya terpaku pada flukutasi harga minyak. TPIA juga terus fokus meningkatkan kinerja beragam lini bisnisnya agar kinerja perusahaan tidak terdampak pergerakan naik atau turun harga minyak.

Pihaknya mengaku optimistis terhadap prospek perusahaan untuk tahun 2021. Hal tersebut seiring dengan prospek pemulihan ekonomi Indonesia yang akan mendorong kenaikan permintaan produk-produk industri petrokimia.

“Permintaan ini akan berasal dari berbagai sektor, seperti kesehatan untuk alat pelindung diri (APD) dan masker, dari sektor otomotif, dan lain-lain,” katanya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

chandra asri harga minyak mentah
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top