Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Begini Upaya Erick Thohir untuk Transformasi Sarinah

Sarinah tengah bekerja sama dengan perusahaan ritel global dalam menjual produk dalam negeri, di tengah upaya transformasi yang sedang berjalan.
Ika Fatma Ramadhansari
Ika Fatma Ramadhansari - Bisnis.com 04 Maret 2021  |  12:12 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir meninjau lokasi penemuan relief bersejarah di salah satu ruangan di gedung Sarinah, Jakarta Pusat  -  Dok. Kementerian BUMN
Menteri BUMN Erick Thohir meninjau lokasi penemuan relief bersejarah di salah satu ruangan di gedung Sarinah, Jakarta Pusat - Dok. Kementerian BUMN

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengungkapkan tengah melakukan beberapa transformasi untuk perusahaan ritel pelat merah PT Sarinah (Persero) yang berlokasi di kawasan Jalan Thamrin, Jakarta Pusat. 

Erick menyampaikan bahwa perusahaan ritel milik negara ini tengah bekerja sama dengan perusahaan ritel global dalam menjual produk dalam negeri. Selain itu, saat ini pusat perbelanjaan pertama di Indonesia ini juga sedang bertransformasi. Hal ini diungkapkannya pada acara MNC Group Investor Forum 2021,Rabu (3/3/2021).

Seperti diketahui, saat ini pusat perbelanjaan pertama di Indonesia dan juga gedung pencakar langit pertama yang ada di Indonesia ini dalam tahap renovasi. Ke depannya, Erick mengungkapkan untuk menjadikan Sarinah wadah bagi pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM) dan juga mempromosikan produk dalam negeri. 

“Saat ini [Sarinah] sedang direnovasi dan akan bertransformasi menjadi lahan publik dengan konsep pusat perbelanjaan komunitas. Didesain dengan arsitektur modern Indonesia dan berdiri dengan produk lokal Indonesia,” ungkap Erick dikutip Kamis (4/3/2021). 

Selain itu dia juga menyebutkan saat ini perusahaan ritel milik negara PT Sarinah (Persero) telah bekerja sama dengan perusahaan ritel gobal untuk bisa memasarkan produk-produk dalam negeri terpilih. 

“Sarinah juga telah menjalin kerja sama dengan Dufry AG, yaitu rantai duty free terbesar dengan menawarkan lebih dari 420 lokasi di seluruh dunia untuk menjual produk lokal Indonesia terpilih di gerai mereka secara global,” ujar Erick. 

Berdasarkan catatan Bisnis, pada Senin 9 November 2020 lalu, Sarinah telah menandatangani Nota Kesepahaman atau MOU Joint Venture dengan Dufry, perusahaan terkemuka di bidang travel retail dengan lebih dari 2.400 gerai di 400 lokasi di dunia. 

Tidak hanya itu, Nota Kesepahaman ini juga ditandatangani bersama grup industrilis Omega Mexico, di KBRI Mexico City. Upaya ekspansi ke pasar global ini pun merupakan langkah transformasi yang terdapat pada visi pemerintah melalui Kementerian BUMN. 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

BUMN erick thohir sarinah
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top