Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tepat HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus 2021, Lays, Cheetos, Doritos Hilang dari Pasar

Fritolay diberi waktu maksimum 6 bulan dari sejak tanggal transaksi untuk menyelesaikan proses transisi untuk menghentikan produksi, pengemasan, pemasaran, penjualan dan pendistribusian produk-produk makanan ringan dengan merek milik PepsiCo, seperti Lays, Cheetos dan Doritos.
Produk makanan ringan Lay's produksi PepsiCo. Inc dipajang di minimarket di Louisville, Kentucky, AS. /Bloomberg
Produk makanan ringan Lay's produksi PepsiCo. Inc dipajang di minimarket di Louisville, Kentucky, AS. /Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten konsumer PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. (ICBP) menjelaskan produk PepsiCo Inc. di dalam PT Indofood Fritolay Makmur (IFL), seperti Lays, Cheetos dan Doritos akan tidak akan didistribusikan lagi pada 17 Agustus 2021.

Sekretaris Perusahaan Indofood CBP Sukses Makmur Gideon A. Putro menjelaskan pentingnya kegiatan usaha makanan ringan di dalam portofolio Perseroan mengingat potensi pertumbuhannya yang baik dan posisi perusahaan sebagai pemimpin pasar di kategori ini, ICBP memutuskan menerima penawaran yang diajukan oleh Fritolay.

ICBP pun melakukan pembelian seluruh saham milik afiliasi PepsiCo yaitu Fritolay Netherlands Holding B.V. di dalam perusahaan patungan IFL.

"Transaksi pembelian saham IFL milik Fritolay oleh ICBP telah selesai dilakukan dan berlaku efektif pada tanggal 17 Februari 2021," paparnya dalam surat kepada Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (24/2/2021).

IFL diberi waktu maksimum 6 bulan dari sejak tanggal transaksi untuk menyelesaikan proses transisi untuk menghentikan produksi, pengemasan, pemasaran, penjualan dan pendistribusian produk-produk makanan ringan dengan merek milik PepsiCo, seperti Lays, Cheetos dan Doritos.

Setelah masa transisi 6 bulan dan masa non kompetisi 3 tiga tahun berakhir, maka tidak ada lagi kerja sama antara Perseroan dengan PepsiCo terkait dengan kegiatan usaha makanan ringan di Indonesia.

Adapun, emiten dengan kode saham ICBP itu telah membeli seluruh saham yang dimiliki Fritolay di IFL sebesar 49 persen saham senilai Rp494 miliar. Setelah transaksi tersebut, kepemilikan ICBP di dalam IFL bertambah menjadi 99,99 persen dari semula 51 persen.

Setelah transaksi itu, IFL akan mengakhiri perjanjian lisensi dengan PepsiCo. IFL akan menyelesaikan semua proses persiapan penghentian produksi dan penjualan produk dengan merek milik PepsiCo dalam waktu 6 bulan terhitung sejak tanggal dilakukan transaksi.

Fritolay, PepsiCo, dan/atau pihak afiliasi lainnya pun tidak boleh memproduksi, mengemas, menjual, memasarkan, atau mendistribusikan produk makanan ringan apapun di Indonesia yang bersaing dengan produk IFL selama tiga tahun sejak berakhirnya masa transisi atau mulai 17 Agustus 2021.

Artinya, produk kudapan Lays, Cheetos dan Doritos akan hilang dari pasar Indonesia pada tanggal tersebut.

Gideon pun menyebutkan ICBP akan mengembangkan bisnis makanan ringan di Indonesia dengan menggunakan merek-merek lainnya, termasuk Chitato, Qtela, Chiki dan Jetz.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dwi Nicken Tari
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper