Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

6 Ruas Tol Waskita Karya (WSKT) Berpotensi Dapat Pendanaan SWF. Mana Saja?

Selain berpotensi divestasi ke SWF, beberapa ruas tol Waskita Karya juga sedang dalam penjajakan kepada investor domestik.
Dwi Nicken Tari
Dwi Nicken Tari - Bisnis.com 05 Januari 2021  |  20:42 WIB
Gerbang Tol Brebes Barat, Jalan Tol Pejagan-Pemalang. Jalan tol ini sepanjang 57,5 kilometer ini dikelola oleh PT Pejagan Pemalang Toll Road. Jalan tol ini juga merupakan 1 dari 18 ruas tol yang konsesinya dimiliki Waskita Karya. - wtr.co.id
Gerbang Tol Brebes Barat, Jalan Tol Pejagan-Pemalang. Jalan tol ini sepanjang 57,5 kilometer ini dikelola oleh PT Pejagan Pemalang Toll Road. Jalan tol ini juga merupakan 1 dari 18 ruas tol yang konsesinya dimiliki Waskita Karya. - wtr.co.id

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten kontraktor pelat merah PT Waskita Karya (Persero) Tbk. mengatakan sebanyak 6 ruas jalan tol milik perseroan berpotensi mendapatkan pendanaan dari Sovereign Wealth Fund (SWF) Indonesia.

Direktur Utama Waskita Karya Destiawan Soewardjono mengatakan keenam ruas tersebut adalah Jalan Tol Cibitung—Tanjung Priok, Jalan Tol Depok—Antasari, Jalan Tol Pasuruan—Probolinggo, Jalan Tol Pemalang—Batang, Jalan Tol Pejagan—Pemalang, dan Jalan Tol Kanci—Pejagan.

Selanjutnya dua ruas tol yang telah beroperasi sebagian yaitu Jalan Tol Kayu Agung—Palembang—Betung dan Jalan Tol Ciawi—Sukabumi saat ini sedang ditransaksikan kepada investor asing.

Sementara Jalan Tol Cibitung—Tanjung Priok, Jalan Tol Cinere—Serpong, Jalan Tol Batang—Semarang, dan Jalan Tol Krian—Legundi—Bunder, selain berpotensi divestasi ke SWF, juga sedang dalam penjajakan kepada investor domestik.

Pada 2021, emiten dengan kode saham WSKT tersebut berencana melepas 9 ruas jalan tol dengan nilai transaksi sekitar Rp10 triliun—Rp11 triliun.

Perinciannya proses divestasi untuk 4 ruas jalan tol sudah dilakukan sejak 2020. Sementara 5 ruas jalan tol lainnya baru akan diproses pada tahun ini.

“Sebetulnya 9 ruas ini sebagian adalah carry over 2020 yang tidak terjadi kami geser ke 2021. Yang 4 ruas sudah tinggal deal saja,” kata Destiawan tanpa menjabarkan lebih lanjut, Selasa (5/1/2021).

Untuk ruas tol yang akan dilepas kepada investor asing, Destiawan berharap prosesnya bisa berjalan lancar pada tahun ini. Pasalnya, pengecekan fisik secara langsung di lapangan sempat tertunda akibat pandemi 2020.

Apabila investor asing tersebut masih berhalangan untuk melihat aset milik WSKT, Destiawan mengatakan pihaknya akan mencari investor domestik yang berminat agar divestasi bisa berjalan cepat.

“Kalau misalnya yang sebagian 4 ruas sudah proses itu tidak terjadi, akan kami masukkan ke SWF. Tapi kalau tidak, ya berarti 4 dan yang 5 ini masuk ke SWF,” tutur Destiawan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol waskita karya divestasi pendanaan sovereign wealth fund
Editor : Annisa Sulistyo Rini
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top