Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menteri Erick Kicau Mobil Listrik, Netizen Pertanyakan Ini

Uji coba mobil listrik untuk rute Jakarta-Bali berhasil memangkas biaya bahan bakar dari Rp1,1 juta menjadi Rp200.000.
Menteri BUMN Erick Thohir di Bali meninjau SPKLU PLN untuk pengisian energi mobil listrik./Istimewa
Menteri BUMN Erick Thohir di Bali meninjau SPKLU PLN untuk pengisian energi mobil listrik./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Uji coba mobil listrik rute Jakarta-Bali terbukti menghemat biaya bahan bakar menjadi lebih murah.

Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir dalam akun twitternya menyebutkan mobil listrik bukan hanya soal manfaat ekonomi karena penghematan biaya bahan bakar. Program ini adalah bentuk dan upaya menjaga bumi dari kerusakan lebih cepat.

"Bagi saya mobil listrik adalah salah satu ikhtiar kita dalam mencintai bumi," kicaunya dalam akun terverifikasi @erickthohir, Sabtu (2/1/2021).

Menurut bekas bos Inter Milan ini, Indonesia harus siap untuk menjadi pemain utama industri mobil listrik dunia.

"Hari ini saya mencoba mengendarai mobil listrik dan mengecek kesiapan stasiun pengisian kendaraan listrik (charging station) di Bali. Indonesia harus siap untuk menjadi pemain utama industri mobil listrik, katanya.

Sebelumnya dalam keterangan tertulis, Erick mengatakan pengembangan kendaraan listrik juga sejalan dengan misi pemerintah untuk mendorong ekonomi berkelanjutan.

Dia mengatakan emisi yang dihasilkan kendaraan listrik lebih rendah dibandingkan dengan emisi dari kendaraan yang berbahan bakar minyak.

“Penggunaan kendaraan listrik akan mengurangi polusi udara dan juga polusi suara. Bahkan PLN memberikan diskon 30 persen untuk isi daya pada malam hari,” kata dia.

Sementara itu, sejumlah netizen menanggapi kicauan Erick dengan sejumlah pertanyaan. Pertanyaan itu mulai dari harga mobil listrik, ketahanan accu, hingga aturan pajak.   

"wow... mantap.. harga per unitnya berapa.. dan maintenance accu apakah ada serta ketahananan accunya berapa tahun pak... @ganjarpranowo @erickthohir, jangan sampai tekor..," kata akun @ab1271db731a4c2

"Mohon info nya pak, apakah untuk pajak dll moda transportasi listrik diberi insentif pajak? Berupa keringan pajak juga," kata @dbowo99

"Pak Erick, apakah ada kesempatan usaha kecil untuk mendukung program mobil listrik ini," kicau @IgorLubis. 

PLN sendiri telah berencana membangun 2.400 stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) sampai 2025 mendatang. 

Hal ini merupakan langkah nyata PLN dalam mendukung percepatan program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) untuk transportasi jalan sesuai dengan Perpres No. 55 Tahun 2019. Saat ini PLN juga telah masuk dalam konsorsium BUMN yang membangun baterai listrik dengan Korea dan China.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Anggara Pernando
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper