Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bos Telkomsel Prediksi Trafik Data Nataru 2020 Melonjak 49 Persen

Jika dibandingkan dengan Natal dan Tahun Baru sebelumnya, Telkomsel memprediksi trafik data akan tumbuh 49,3 persen.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 25 Desember 2020  |  05:34 WIB
Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro memberikan pemaparan di sela-sela penandatanganan perjanjian kerja sama di Jakarta, Selasa (8/9/2020). Bisnis - Himawan L Nugraha
Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro memberikan pemaparan di sela-sela penandatanganan perjanjian kerja sama di Jakarta, Selasa (8/9/2020). Bisnis - Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA – Anak usaha PT Tekom Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM), Telkomsel memprediksi adanya kenaikan trafik layanan data hingga 49,3 persen pada momen perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (Nataru) dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro mengatakan bahwa kenaikan trafik layanan data disebabkan memasuki momen perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (Nataru) di masa pandemi covid-19 yang mana kebutuhan daring akan meningkat signifikan.

“Jika dibandingkan dengan Natal dan Tahun Baru sebelumnya, Telkomsel memprediksi trafik data akan tumbuh 49,3 persen. Prediksi tersebut didasari pada tren perubahan perilaku pelanggan selama masa pandemi sepanjang tahun ini,” ujarnya saat dihubungi Bisnis, Kamis (24/12/2020).

Setyanto menjelaskan bahwa sepanjang 2020 terjadi pergeseran pemanfaatan akses layanan berbasis digital untuk kebutuhan mendukung aktivitas keseharian.

Dia memprediksi bahwa untuk akses layanan media sosial tumbuh 7,32 persen, layanan communications -seperti pesan instan dan konferensi video- melonjak 22,52 persen, layanan streaming video naik 12,47 persen, layanan mobile gaming melonjak hingga 18,65 persen, akses browsing naik 14,21 persen, serta akses layanan e-commerce yang akan tumbuh sekira 13,17 persen.

Sedangkan, dia melanjutkan bahwa untuk trafik pada layanan SMS, Telkomsel memprediksi akan terjadi pertumbuhan sebesar 4,89 persen dibandingkan dengan hari biasa pada 2020.

“Jika dibandingkan dengan Natal dan Tahun Baru 2019, pertumbuhan yang terjadi diprediksi mencapai 0,8 persen,” ujarnya.

Untuk layanan Voice, dia melanjutkan bahwa trafiknya akan tumbuh 2,76 persen dari hari biasa di tahun ini. Adapun, bila dibandingkan dengan Natal dan Tahun Baru sebelumnya, trafik layanan Voice diperkirakan akan turun 12,1 persen.

Berdasarkan prediksi trafik di atas, Setyanto mengatakan bahwa perusahaan mengambil langkah antisipatif dengan melakukan optimalisasi jaringan, khususnya pada konektivitas broadband, di 550 point of interest (POI) yang tersebar di seluruh Indonesia.

“POI tersebut mencakup 304 area residensial, 23 wilayah rumah sakit utama penanganan COVID-19, serta 223 titik strategis utama lainnya di tiap provinsi yang meliputi titik jalur distribusi logistik seperti bandara, pelabuhan, jalan, serta fasilitas umum lain,” katanya.

Selanjutnya, dalam melakukan upaya penguatan kualitas dan kapasitas jaringan di POI yang telah ditentukan, Setyanto menambahkan bahwa perusahaan mengoperasikan tambahan 587 BTS 4G LTE baru, dan 69 unit Compact Mobile BTS (COMBAT) serta menambah kapasitas gateway internet menjadi 6.880 Gbps.

“Hingga November tahun ini, Telkomsel juga telah mengoperasikan teknologi 4G LTE di seluruh BTS USO yang tersebar di wilayah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar), termasuk perbatasan negara hingga pelosok negeri, sekaligus melengkapi lebih dari 233.000 BTS Telkomsel yang sudah beroperasi,” kata Setyanto.

GERAI GRAPARI

Telkomsel menyebutkan pusat layanan kunjungan pelanggan seperti GraPARI tetap beroperasi normal selama libur natal 2020 dan tahun baru 2021.

Direktur Sales Telkomsel Ririn Widaryani mengatakan bahwa GraPARI tetap beroperasi normal dengan pembatasan petugas customer service dan jam operasional.

“Khusus untuk GraPARI 24 jam, guna mendukung imbauan pemerintah dalam menjalankan protokol kesehatan, jam operasionalnya dibatasi menjadi pukul 07:00 hingga 22:00,” ujarnya saat dihubungi Bisnis, Kamis (24/12/2020).

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa kantor mitra Telkomsel Distribution Center juga tetap beroperasi untuk melayani kebutuhan para mitra outlet atau reseller dalam penyaluran produk dan layanan kepada pelanggan.

Selain itu, Ririn melanjutkan bahwa untuk melengkapi momentum natal dan tahun baru perusahaan menghadirkan sejumlah promo khusus, meliputi paket broadband bulanan dengan bundling berlangganan Disney+ Hotstar, paket Gala Plus dengan kuota data 30GB seharga Rp62.000 untuk akses layanan video streaming,

“Ada juga bonus kuota data 7GB untuk top-up dan aktivasi mobile games melalui Google Play Store dan Dunia Games, promo value added services (VAS) entertainment berupa diskon 50 persen untuk upgrade Tinder Gold, serta paket konsultasi kesehatan melalui aplikasi halodoc dengan harga mulai dari Rp30.000,” katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

BUMN telkomsel telkom Natal dan Tahun Baru
Editor : Hafiyyan
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top