Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Ilustrasi menara telekomunikasi. - Bloomberg
Premium

Indosat (ISAT) - Tri Merger? Penguasaan Frekuensi Dekati Telkomsel

22 Desember 2020 | 20:36 WIB
Merger ini juga akan membuat pelanggan ISAT dan Tri mendekati jumlah pengguna Telkomsel. Bagaimana prospek saham Indosat (ISAT)?

Bisnis.com, JAKARTA - Kabar makin dekatnya merger atau penggabungan usaha PT Indosat Ooredoo Tbk. (ISAT) dengan PT Hutchison 3 Indonesia (Tri Indonesia) membawa arah baru peta industri telekomunikasi.

Bagaimana tidak, sejauh ini Indosat memiliki 60,4 juta pelanggan. Sedangkan Tri memiliki 38 juta pelanggan di Tanah Air. Dengan peleburan bisnis keduanya, maka pelanggan gabungan dari operator ini di atas kertas menjadi 98 juta. Hal ini membuat perusahaan gabungan semakin memendekatkan jarak pelanggan dengan penguasa pasar yakni PT Telkomsel yang memiliki 170 juta pelanggan.

Bahkan merger kedua entitas kemungkinan dapat lebih luas. Entitas yang dibawa Hutchison Asia Telecommunications disebutkan terdiri dari Indonesia, Vietnam, dan Sri Lanka. Bisnis dalam area ini memiliki sekitar 48,8 juta akun pelanggan aktif. Sehingga jika skenario ini berjalan, perusahaan baru itu akan memiliki sekitar 119 juta pelanggan.

Konsolidasi juga memperkuat bisnis dalam optimalisasi frekuensi. Tri baru saja memenangkan frekuensi 5G sebesar 10 MHz, sehingga bisnis perusahaan makin kokoh. Penggunaan terbatas dalam jaringan 5G dapat menjadi uji coba bagi perusahaan jika merger terwujud.

Lainnya, penggabungan ini di Tanah Air membuat perusahaan hasil merger mendekati frekuensi yang dimiliki Telkomsel. Saat ini Indosat memiliki frekuensi sebanyak 2x47,5 MHz di ragam frekuensi. Sedangkan Tri memiliki 2x25 MHz. Tri sendiri baru saja mendapatkan tambahan jaringan 5G di 2300 MHz sebesar 10 MHz. Sehingga frekuensi yang dimiliki menjadi 2x72,5MHz dan 10 MHz di frekuensi 5G.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top