Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perundingan Inggris-Eropa Terancam Gagal, Bursa Eropa Melandai

Indeks Stoxx Europe 600 ditutup melemah 0,3 persen atau 1,2 poin ke level 392,84, setelah sempat anjlok hngga 1 persen.
Stoxx./Bloomberg- Alex Kraus
Stoxx./Bloomberg- Alex Kraus

Bisnis.com, JAKARTA – Bursa saham Eropa ditutup melemah pada Senin (7/12/2020) menyusul kekhawatiran atas kemungkinan gagalnya pembicaraan kesepakatan perdagangan Brexit.

Berdasarkan daata Bloomberg, indeks Stoxx Europe 600 ditutup melemah 0,3 persen atau 1,2 poin ke level 392,84, setelah sempat anjlok hngga 1 persen. Sektor perbankan, ritel, dan produsen mobil termasuk di antara penurunan terbesar.

Indeks DAX Jerman ditutup melemah 0,21 persen dan indeks CAC 40 Prancis turun 0,64 persen. Di sisi lain, indeks FTSE 100 Inggris ditutup menguat 0,08 persen menyusul pelemahan mata uang poundsterling.

Aset Inggris menjadi fokus setelah seorang pejabat Inggris memperingatkan bahwa pembicaraan tentang kesepakatan perdagangan tecancam gagal kecuali negosiator membuat kemajuan dalam beberapa jam ke depan.

“Pasar ekuitas Eropa sebagian besar melemah karena kekhawatiran bahwa Inggris dan Uni Eropa mungkin tidak mencapai kesepakatan perdagangan,” kata analis pasar CMC Markets Inggris, David Madden, seperti dikutip Bloomberg.

“Adalah kepentingan ekonomi kedua belah pihak untuk menjadi perantara kesepakatan, tetapi itu sepertinya tidak mungkin saat ini," lanjutnya.

Perdana Menteri Boris Johnson akan berbicara dengan Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen pada pukul 5 sore waktu Brussel pada hari Senin. Percakapan itu akan menjadi momen yang menentukan.

Di antara saham yang bergerak pengembang perumahan Berkeley Group Holdings Plc dan Lloyds Banking Group Plc termasuk di antara penurunan terbesar di Eropa saat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper