Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Darma Henwa (DEWA) Garap Kerjasama Pembelian Ban Alat Berat

Perseroan bekerja sama dengan Fujian Haian Rubber, yang akan menyediakan kebutuhan ban untuk alat berat pada lokasi pertambangan batubara Darma Henwa di Bengalon, Kalimantan Timur, Asam Asam di Kalimantan Selatan, dan Satui-Senakin di Kalimantan Selatan.
Lorenzo Anugrah Mahardhika
Lorenzo Anugrah Mahardhika - Bisnis.com 04 Desember 2020  |  19:21 WIB
Logo PT Darma Henwa Tbk - Istimewa
Logo PT Darma Henwa Tbk - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – PT Darma Henwa Tbk. (DEWA) melakukan penandatanganan perjanjian dengan perusahaan penyedia ban asal China, Fujian Haian Rubber Co. Ltd.

Dilansir dari keterangan resmi perusahaan pada Jumat (4/12/2020), ruang lingkup kerja sama kedua pihak adalah pembelian dan layanan manajemen ban. 

Penandatanganan perjanjian tersebut dilakukan oleh Wakil Presiden Direktur merangkap Chief Executive Officer Darma Henwa Darma Henwa, Prabhakaran Balasubramanian dengan dengan Direktur Fujian Haian Rubber, Zhitang Chen. 

Melalui anak usahanya, PT Luan Tire Indonesia, Fujian Haian Rubber akan menyediakan kebutuhan ban untuk alat berat pada lokasi pertambangan batubara Darma Henwa di Bengalon, Kalimantan Timur, Asam Asam di Kalimantan Selatan, dan Satui-Senakin di Kalimantan Selatan.

Fujian Haian Rubber akan menyediakan instalatur untuk perlengkapan dan perawatan ban, penyediaan air, pemanas, dan sumber daya listrik, peralatan pendukung tambang, serta pelatihan penggunaan tyre untuk operator DEWA.

Selain itu, Fujian Haian Rubber juga akan bekerja sama terkait perawatan alat, serta kebutuhan penanganan perlengkapan dan peralatan ban untuk transportasi di tambang.

Periode kontrak kerjasama antara DEWA dan Fujian Haian Rubber akan berlangsung selama 5 tahun dengan review dan pembaruan perjanjian setiap tahunnya. Namun kedua pihak juga menetapkan masa percobaan selama 6 bulan.

Dengan kerja sama ini, Darma Henwa dan Fujian Haian akan memiliki biaya ban unit standar untuk mengurangi beban biaya pada penambangan Darma Henwa. 

Penyediaan ban dari Fujian Haian akan memiliki mekanisme pembayaran berdasarkan operasi bulanan aktual yakni US$/bcm/km. Kedua pihak pun sepakat untuk mengkaji masa pakai ban seiring berjalannya kerja sama ini untuk mengkaji ulang acuan biaya ban yang digunakan dengan US$/bcm/km.

Kerja sama ini akan memiliki beberapa manfaat bagi Darma Henwa. Pertama, tidak adanya risiko karena pembayaran dilakukan untuk setiap penggunaan dan adanya produk berkualitas dengan layanan yang baik karena perawatan yang ditangani langsung oleh Fujian Haian Rubber.

Kedua, kerja sama ini juga mengurangi biaya karena tidak adanya biaya inventori sehingga Darma Henwa dapat berfokus dalam meningkatkan produktivitas.

Terakhir, Fujian Haian Rubber akan mengawasi kegiatan harian untuk membuat tyre yang lebih sesuai dengan lokasi dan perbaikan berkelanjutan. 

Personel profesional dari Fujian Haian akan bertugas menjaga manajemen ban alat berat untuk memastikan operasi keselamatan, memberikan layanan profesional untuk mengamankan efisiensi produktivitas, serta menyajikan biaya yang transparan untuk mencapai pengurangan biaya dan penyediaaan ban secara tepat waktu.

Balasubramanian mengatakan, dengan kolaborasi ini, perusahaan dapat berfokus terhadap produktivitas di lokasi-lokasi tambang Perseroan. Hal ini diharapkan pada kenaikan volume produksi Perseroan dan berimbas pada kenaikan pendapatan. 

"Kemudian, efisiensi biaya yang terjadi dengan adanya kerja sama ini pun diharapkan mampu menurunkan beban biaya Perseroan, dan mendorong peningkatan kinerja keuangan Perseroan,” katanya dikutip dari keterangan resmi. 

Menilik kinerjanya, hingga akhir Oktober 2020, overburden removal tambang batubara Bengalon tercatat 66,55 juta bcm. Kemudian, overburden removal tambang batubara Asam Asam yakni 17,50 juta bcm dan tambang batubara Satui adalah 11,37 juta bcm. 

Sedangkan produksi batubara sampai akhir Oktober 2020 proyek Bengalon tercatat 7,68 juta ton, proyek Asam Asam sebesar 5,95 juta ton, serta proyek Satui sebesar 0,6 juta ton.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kerja sama darma henwa tbk
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top