Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Metrodata Electronics (MTDL) Optimistis Tetap Profit di Akhir Tahun

Per 30 September 2020, Metrodata meraup pendapatan Rp10,04 triliun, turun 1,82 persen secara tahunan. Namun laba bersih perseroan masih tercatat tumbuh 3,43 persen menjadi Rp267,66 miliar.
Rivki Maulana
Rivki Maulana - Bisnis.com 18 November 2020  |  16:25 WIB
Presdir Metrodata Electronics Susanto Djaja. Bisnis - Abdurachman
Presdir Metrodata Electronics Susanto Djaja. Bisnis - Abdurachman

Bisnis.com, JAKARTA —PT Metrodata Electronics Tbk. (MTDL) optimistis dapat mempertahankan perolehan laba pada akhir tahun nanti kendati pendapatan diperkirakan bakal menyusut.

Sepanjang periode sembilan bulan yang berakhir 30 September 2020, Metrodata meraup pendapatan Rp10,04 triliun, turun 1,82 persen secara tahunan. Akan tetapi, laba bersih perseroan masih tercatat tumbuh 3,43 persen  menjadi Rp267,66 miliar.

Direktur Keuangan Metrodata Randy Kartadinata mengatakan ada sejumlah hal yang memengaruhi penyusutan topline perseroan, salah satunya karena segmen bisnis distribusi loyo.

Dia menuturkan, tahun ini terjadi keterbatasan stok akibat forecast para principal saat pandemi yang dinilai kurang tepat sehingga beberapa komponen utama seperti prosesor dan display sulit didapatkan. Walhasil, suplai produk IT terutama notebook pun menjadi terbatas.

“Itu membuat pendapatan kami turun, ditambah dealer-dealer yang juga banyak tutup selama pandemi,” tuturnya dalam public expose via daring, Rabu (18/11/2020)

Di lain sisi, keterbatasan stok membuat harga produk yang dijual perseroan mengalami peningkatan sehingga menolong bottom line MTDL tetap terjaga. Ditambah, adanya pertumbuhan kontribusi dari segmen bisnis solusi dan konsultasi perseroan.

Dengan sejumlah faktor yang tersebut, hingga akhir tahun ini Randi memperkirakan perseroan dapat mencapai penjualan Rp14 triliun, sedikit lebih rendah dari realisasi tahun lalu yang mencapai sekitar Rp15 triliun.

Adapun, dari sisi laba dia optimistis perseroan tetap bisa mempertahankan profit di level yang sama dengan tahun lalu yakni sekitar Rp350 miliar. Sebagai gambaran, pada 2019 lalu MTDL mencetak laba bersih sekitar Rp357 miliar.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kinerja Emiten metrodata
Editor : Rivki Maulana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top