Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Joe Biden Menuju Gedung Putih, Saham-Saham Ini Bakal Jadi Incaran

Kemenangan Biden diproyeksikan memberi dampak yang baik bagi emerging market dan Indonesia.
M. Nurhadi Pratomo
M. Nurhadi Pratomo - Bisnis.com 08 November 2020  |  14:30 WIB
Presiden terpilih AS Joe Biden manyapa pendukungnya di Wilmington, Delaware, AS, Sabtu (7 /11/2020). Bloomberg - Sarah Silbiger\\r\\n
Presiden terpilih AS Joe Biden manyapa pendukungnya di Wilmington, Delaware, AS, Sabtu (7 /11/2020). Bloomberg - Sarah Silbiger\\r\\n

Bisnis.com, JAKARTA — Kemenangan Joe Biden dalam pemilihan presiden di Amerika Serikat diramal akan turut membawa aliran modal asing masuk ke saham-saham perbankan dengan kapitalisasi pasar jumbo.

Head of Equity Trading MNC Sekuritas Medan Frankie Wijoyo mengungkapkan kemenangan Biden akan memberikan dampak yang baik bagi emerging market dan Indonesia. Proposal stimulus yang lebih besar dan wacana kenaikan pajak korporasi akan membuat institusi untuk kembali melakukan ekspansi.

Capital flow ke emerging market untuk mendapatkan yield yang lebih baik terlebih saat ini valuasi saham sudah murah dan yield obligasi di Indonesia juga menarik,” ujarnya kepada Bisnis, Minggu (8/11/2020).

Kembalinya dana asing, lanjut dia, akan menyebabkan sektor perbankan, khususnya empat dengan kapitalisasi terbesar akan menjadi incaran. Saham tersebut yakni PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA), PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI), PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI), dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BBNI).

“Emiten tersebut [BBCA, BBRI, BMRI, dan BBNI] adalah proxy untuk pasar Indonesia di mana kapitalisasi keempat saham tersebut adalah sebesar 28 persen total kapitalisasi IHSG,” jelasnya.

Frankie mengungkapkan kebijakan Donald Trump dan tensi geopolitik menyebabkan terjadi capital outflow dari emerging market. Indonesia menjadi salah satu negara yang terdampak.

“Selama pemerintahan Trump, terjadi capital outflow yang cukup besar dari Indonesia. Dengan pemerintahan Biden, diharapkan kebijakan Amerika yang terbuka dan investasi akan kembali lagi ke emerging market, khususnya Indonesia,” imbuhnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

saham rekomendasi saham presiden as Donald Trump Pilpres AS 2020 Joe Biden
Editor : Annisa Sulistyo Rini
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top