Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Volatilitas IHSG Berdampak ke Kinerja Reksa Dana Indeks dan Exchange Traded Fund

Kondisi IHSG yang volatil memiliki pengaruh ke kinerja reksa dana indeks dan ETF, seperti apa?
Ria Theresia Situmorang
Ria Theresia Situmorang - Bisnis.com 20 Oktober 2020  |  19:47 WIB
ILUSTRASI REKSA DANA. Bisnis - Himawan L Nugraha
ILUSTRASI REKSA DANA. Bisnis - Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA – Volatilitas indeks harga saham gabungan (IHSG) berpengaruh sangat signifikan untuk reksa dana indeks dan exchange traded fund (ETF).

Direktur PT Panin Asset Management Rudiyanto mengatakan Panin AM saat ini memiliki produk reksa dana indeks yang mengacu pada indeks IDX30 dan Sri Kehati dan produk ETF yang mengacu pada indeks IDX30.

“Kinerja [reksa dana indeks dan ETF] sesuai dengan indeks acuan. Pengaruh volatilitas IHSG terhadap reksa dana indeks dan ETF pada dasarnya sama dengan reksa dana saham pada umumnya,” ungkapnya kepada Bisnis, Selasa (20/10/2020).

Dia pun menyatakan dana kelolaan atau assets under management (AUM) produk reksa dana indeks menurun karena kondisi pasar.
Sementara, dia mengakui produk ETF tidak begitu berkembang karena fokus ke nasabah institusi dan baru karena fokus pemasaran Panin AM lebih kepada reksa dana umum termasuk indeks.

Adapun, Rudiyanto menyatakan Panin AM saat ini belum berencana untuk menelurkan produk reksa dana indeks dan ETF baru dalam waktu dekat.

“Minat [investor untuk berinvestasi ke reksa dana indeks dan ETF] tetap ada. Volatilitas menawarkan kesempatan untuk masuk di harga relatif murah,” sambungnya.

Pihaknya menyatakan reksa dana indeks dan ETF khususnya dipasarkan untuk segmen nasabah institusi dengan tujuan membentuk portofolio sesuai dengan indeks acuan dan nasabah ritel dengan tujuan market timing selain diversifikasi.

Keunggulan utama reksa dana indeks dan ETF, lanjutnya, adalah kinerjanya sesuai indeks acuan sehingga perbedaan dengan kinerja pasar juga tipis berbeda dengan reksa dana saham yang kadang bisa lebih baik atau terkadang lebih buruk dibandingkan kinerja pasar.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

IHSG reksa dana pt panin asset management
Editor : Annisa Sulistyo Rini
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top