Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Sebelum Trading, Simak Dulu Rekomendasi Saham Pilihan Hari Ini

Pada perdagangan hari ini, Selasa (29/9/2020), investor disebut masih cenderung bersikap hati-hati di tengah isu resesi Indonesia.
M. Nurhadi Pratomo
M. Nurhadi Pratomo - Bisnis.com 29 September 2020  |  07:12 WIB
Pengunjung berjalan di dekat papan elektronik yang menampilkan perdagangan harga saham di kantor PT Bursa Efek Indonesia (BEI)  di Jakarta, Jumat (25/9/2020). Bisnis - Dedi Gunawan
Pengunjung berjalan di dekat papan elektronik yang menampilkan perdagangan harga saham di kantor PT Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta, Jumat (25/9/2020). Bisnis - Dedi Gunawan

Bisnis.com,JAKARTA — Indeks harga saham gabungan (IHSG) berpeluang menguat pada perdagangan Selasa (29/9/2020). 

Head of Research Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi menjelaskan bahwa iIHSG ditutup turun 0,79 persen ke level 4.906,55 akhir perdagangan Senin (28/9/2020). 

Sektor saham aneka industri -1,97 persen, sektor saham keuangan -1,58 persen, dan sektor saham pertanian -1,14 persen menjadi penekan indeks pada akhir sesi.

Lanjar menyebut investor masih cenderung bersikap hati-hati di tengah isu resesi Indonesia. Net sell atau jual bersih investor asing mencapai Rp593,12 miliar dengan saham BBCA, BMRI, dan BBRI memimpin daftar teratas top net sell value hingga lebih dari Rp100 miliar.

Dia menjelaskan bahwa secara teknikal IHSG bergerak terkonsolidasi setelah tidak mampu break out bearish tren jangka menengah. Konfirmasi indeks di level psikologis 5.000.

IHSG, lanjut dia, sedikit tertahan pelemahan oleh moving average 5 hari. Indikator Stokastik memberikan sinyal golden cross di area oversold dan MACD yang terlihat divergence positif. 

“Sehingga pada perdagangan selanjutnya IHSG berpeluang menguat dengan support resistance 4.816–5.070,” ujarnya melalui riset harian yang dikutip, Selasa (29/9/20220).

Reliance Sekuritas Indonesia merekomendasikan saham-saham yang dapat dicermati secara teknikal antara lain AALI, ADHI, INCO, JSMR, LINK, LPCK, MAIN, PWON, SMGR, SMRA, dan UNVR.

Di lain pihak, Analis Binaartha Sekuritas Muhammad Nafan Aji Gusta Utama mengatakan berdasarkan rasio fibonacci, support pertama dan kedua memiliki kisaran level 4.865,27 hingga 4.778,71. Sementara itu, resistance pertama dan kedua memiliki kisaran 4.975,54 hingga 5.097,14.

Nafan mengungkapkan berdasarkan indikator, MACD telah berada di area negatif. Sementara itu, Stokastik dan RSI berada di area netral.

“Kendati demikian, pergerakan IHSG telah menguji garis MA 120 sehingga berpeluang terjadinya penguatan ke depan masih terbuka lebar,” jelasnya.

Binaartha Sekuritas merekomendasikan saham yang dapat menjadi pertimbangan investor yakni ADRO, GGRM, INDF, LPCK, MAIN, dan PWON.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

IHSG rekomendasi saham
Editor : Rivki Maulana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top