Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Garap Tambang Eks Freeport, Bisnis Emas Antam (ANTM) Bisa Makin Moncer

Antam masih aktif melakukan kegiatan eksplorasi di wilayah Izin Usaha Pertambangan Pongkor dan meninjau daerah prospek seperti di wilayah Pegunungan Bintang, Papua dan Papandayan, Jawa Barat. Kapasitas produksi emas Antam saat ini mencapai 2 juta ton per tahun.
Finna U. Ulfah
Finna U. Ulfah - Bisnis.com 23 September 2020  |  19:02 WIB
Emas batangan produksi PT Aneka Tambang Tbk. - mind.id
Emas batangan produksi PT Aneka Tambang Tbk. - mind.id

Bisnis.com, JAKARTA - PT Aneka Tambang Tbk., meyakini dukungan dari Kementerian BUMN untuk menggarap lahan eks tambang Freeport dapat memperkuat portofolio komoditas emas perseroan.

SVP Corporate Secretary Aneka Tambang Kunto Hendrapawoko mengatakan perseroan menyambut baik dukungan yang diberikan Kementerian BUMN. 

“Kesempatan ini menjadi prospek yang baik bagi Antam sebagai bagian dari Holding Industri Pertambangan MIND ID untuk memperkuat portofolio komoditas emas perseroan,” ujar Kunto kepada Bisnis, Rabu (23/9/2020).

Adapun, emiten berkode efek ANTM itu masih aktif melakukan kegiatan eksplorasi di wilayah IUP (Izin Usaha Pertambangan) perseroan seperti di Pongkor. Bahkan, saat ini ANTM mengaku tengah melakukan beberapa tinjauan di daerah prospek seperti di wilayah Pegunungan Bintang, Papua dan Papandayan, Jawa Barat.

Langkah itu juga sebagai upaya perseroaan menjaga kesinambungan jumlah sumber daya dan cadangan  mineral yang dimiliki dengan mengedepankan operasi sesuai dengan prinsip-prinsip penambangan yang baik.

Menurut Kunto, tinjauan ke wilayah prospektif juga menjadi bukti bahwa perseroan merupakan perusahaan komoditas yang mengelola komoditas emas dari hulu ke hilir, tidak hanya sebagai perusahaan perdagangan emas.

Kunto menjelaskan aktivitas bisnis perseroan di komoditas emas mulai dari eksplorasi, penambangan yang dilakukan di tambang emas Pongkor dan Cibaliung hingga pengelolaan emas yang dilakukan melalui Pabrik Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia yang dikelola UBPP Logam Mulia.

“Saat ini kapasitas produksi dari tambang emas Antam ada di kisaran 2 ton per tahun,” papar Kunto.

Untuk diketahui, Menteri BUMN Erick Thohir mengaku sudah mengirim surat kepada Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif agar ANTM dapat mengelola lahan tambang bekas PT Freeport Indonesia yang sudah diberikan ke negara.

Menurut Erick, pengelolaan tambang eks Freeport oleh Antam membuat perusahaan pelat merah itu tidak sekadar menjadi perantara, tetapi menjadi perusahaan penambang emas.

“Apalagi kalau kita lihat sangat menyakitkan prospek emas di Indonesia, menjadi salah satu suplier terbesar. Dalam kondisi seperti ini harga emas juga sangat baik. Karena itu kita memberanikan diri masuk ke lahan eks Freeport itu,” ujar Erick dalam rapat bersama Komisi VI DPR di Jakarta, Selasa (22/9/2020).

Pada penutupan perdagangan hari ini, saham ANTM ditutup menguat 15 poin atau 2,04 persen ke posisi 750. Saham ANTM dibuka di posisi 755 dan bergerak di rentang 735 s.d 780. Total transaksi perdagangan saham Antam mencapai 95,41 juta lembar dengan nilai transaksi Rp72,22 miliar. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

antam Harga Emas Antam Freeport erick thohir
Editor : Rivki Maulana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top