Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tingkatkan Produksi, Lonsum (LSIP) Siap Tambah 1 Pabrik Baru

PT PP London Sumatera Indonesia Tbk. (LSIP) sedang mengembangkan satu pabrik kelapa sawit (PKS) baru di Kalimantan Timur.
Gedung PT PP London Sumatra Tbk di Medan./Bisnis
Gedung PT PP London Sumatra Tbk di Medan./Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten perkebunan entitas Grup Salim, PT PP London Sumatera Indonesia Tbk. (LSIP) bakal mengoperasikan 1 pabrik kelapa sawit (PKS) pada April 2021.

Presiden Direktur London Sumatera Benny Tjoeng mengatakan bahwa estimasi penyerapan capex oleh perseroan hingga Rp500 miliar hingga akhir tahun akan digunakan untuk perawatan dan peremajaan tanaman belum menghasilkan, perbaikan infrastruktur, dan pembangunan rumah karyawan.

Tidak hanya itu, alokasi belanja modal itu juga akan digunakan untuk menyelesaikan satu pabrik sawit baru di Kalimantan Timur. Rencananya, pabrik tersebut akan memiliki kapasitas produksi 45 ton TBS per jam.

“Namun, progres pembangunannya tampaknya ada sedikit keterlambatan, yang tadinya diharapkan akhir tahun ini rampung, jadi diperkirakan awal April 2021 baru bisa commissioning,” ujar Benny saat paparan publik secara daring, Rabu (23/9/2020).

Adapun, hingga semester 1/2020, LSIP telah menyerap capex sebesar Rp136 miliar untuk beberapa pengembangan. Benny menjelaskan aktivitas penanaman baru sudah mencapai sekitar 700 hektare, sedangkan penanaman kembali untuk tanaman buah seperti kakao, teh, dan karet sekitar 1.000 hektare.

Per Juni 2020, lahan tertanam inti LSIP adalah 115.236 hektare dengan sekitar 82 persen dari total lahan tertanam inti adalah tanaman kelapa sawit atau sekitar 95.045 hektare.

Dari jumlah itu, terdiri atas 85.629 hektare tanaman sawit yang menghasilkan dan 9.416 hektare yang belum menghasilkan.

Sementara itu, sisa lahan tertanam inti dimanfaatkan untuk karet, kakao, dan teh dengan luas sekitar 20.000 hektare.

Di sisi lain, Benny menjelaskan dalam lima tahun ke depan perseroan tetap akan fokus untuk peremajaan tanaman yang sudah tua dan yang memiliki penurunan produktivitas. Selain itu, LSIP juga akan fokus menanam di lahan yang masih belim tertanam.

Lonsum memiliki tanaman kelapa sawit muda dengan umur dibawah 7 tahun dengan luas mencapai 11.000 hektar untuk mendukung pertumbuhan di masa depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Finna U. Ulfah
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper