Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Waskita Karya (WSKT) Lepas Saham Tol Becakayu, Ini BUMN yang Siap Jadi Pembeli

Waskita Karya (WSKT) siap melepas 30 persen saham PT Kusuma Kresna Dyandra Marga (KKDM) lewat skema reksa dana penempatan terbatas (RDPT). Transaksi ini diharapkan bisa rampung pada Oktober 2020.
Lorenzo Anugrah Mahardhika
Lorenzo Anugrah Mahardhika - Bisnis.com 22 September 2020  |  19:43 WIB
Jalan tol Becakayu ruas RS Harum-Sumber Artha di Jakarta, Jumat (16/6). - Antara/Rosa Panggabean
Jalan tol Becakayu ruas RS Harum-Sumber Artha di Jakarta, Jumat (16/6). - Antara/Rosa Panggabean

Bisnis.com, JAKARTA - Proses divestasi kepemilikan saham PT Kresna Kusuma Dyandra Marga (KKDM) oleh anak usaha PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) turut melibatkan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menjadi investor.

Direktur Keuangan Waskita Karya Taufik Hendra Kusuma mengatakan ada beberapa pihak yang terlibat dalam proses divestasi kepemilikan saham di PT Kresna Kusuma Dyandra Marga (KKDM). Dia menyebutkan, salah satunya adalah PT Taspen (Persero). Meski demikian, ia enggan menyebut pihak-pihak lain yang terlibat dalam proses ini.

"Divestasi Becakayu ada PT Taspen, saat ini masih dalam proses," katanya saat dihubungi Bisnis,Selasa (22/9/2020).

Taufik melanjutkan, proses divestasi perusahaan pengelola tol Bekasi - Cakung - Kampung Melayu tersebut diperkirakan akan selesai paling lambat Oktober 2020. Adapun, nilai divestasi ini tetap sebesar 30 persen dengan total Rp550 miliar.

Sebelumnya, PT Waskita Toll Road (WTR), anak usaha PT Waskita Karya (Persero) Tbk. berencana melepas 30 persen kepemilikan saham di PT KKDM, pemegang konsesi jalan tol Bekasi–Cawang–Kampung Melayu atau Becakayu.  

Saham yang dilepas WTR akan diserap para investor yang berhimpun dalam kontrak investasi kolektif reksa dana penempatan terbatas (RDPT).

Pelepasan 30 persen saham KKDM ke investor yang bernaung dalam kontrak investasi kolektif bukan yang pertama kali dilakukan oleh Waskita Karya.

Pada 2018, aksi korporasi serupa juga dilakukan pada entitas PT Waskita Transjawa Toll Road, perusahaan induk tiga badan usaha jalan tol yang mengelola tiga ruas tol Trans Jawa.

Taufik juga menambahkan, ruas jalan tol Becakayu merupakan salah satu dari beberapa proyek yang termasuk dalam rencana divestasi perusahaan pada tahun ini. 

Berdasarkan informasi yang dikumpulkan Bisnis, proyek jalan tol lain yang siap dilepas diantaranya tol Kanci—Pejagan dan Pejagan—Pemalang. Selanjutnya, juga ada ruas Pasuruan - Probolinggo dan Cibitung – Cilincing. 

"Beberapa ruas itu juga sedang kami proses. Skemanya dengan direct sell dan share swap, tidak memakai RDPT seperti Becakayu," jelasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol waskita karya
Editor : Rivki Maulana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top