Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Minat Pembelian Properti Masih Stagnan, Ini Strategi Ciputra (CTRA)

Direktur PT Ciputra Development Tbk (CTRA) Tulus Santoso mengatakan, selama periode Juli-Agustus, perusahaan belum melihat adanya kenaikan pembelian properti dibandingkan bulan sebelumnya.
Lorenzo Anugrah Mahardhika
Lorenzo Anugrah Mahardhika - Bisnis.com 09 September 2020  |  19:02 WIB
Ciputra World 2, Jakarta. Proyek ini merupakan salah satu besutan proyek mixed use PT Ciputra Development Tbk. - ciputradevelopment.com
Ciputra World 2, Jakarta. Proyek ini merupakan salah satu besutan proyek mixed use PT Ciputra Development Tbk. - ciputradevelopment.com

Bisnis.com, JAKARTA – Minat masyarakat terhadap pembelian properti dinilai belum mengalami kenaikan yang berarti hingga saat ini.

Direktur PT Ciputra Development Tbk. (CTRA) Tulus Santoso mengatakan, selama periode Juli-Agustus, perusahaan belum melihat adanya kenaikan pembelian properti dibandingkan bulan sebelumnya. Meski demikian, dia belum dapat memaparkan angka prapenjualan (marketing sales) perusahaan hingga akhir Agustus 2020.

“Sejauh ini belum ada kenaikan pembelian dibandingkan bulan sebelumnya,” ujarnya saat dihubungi Bisnis, pada Rabu (9/9/2020).

Hingga akhir semester I/2020, CTRA telah mencatatkan marketing sales sebesar Rp2 triliun, turun 16,2 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Jumlah tersebut mencapai 44,4 persen dari target prapenjualan baru yang ditetapkan sebesar Rp4,5 triliun.

Untuk menggenjot angka prapenjualan, perusahaan akan melakukan upaya-upaya yang berfokus pada end-user. Hal tersebut mencakup promosi secara digital, pengembangan konsep produk, serta kajian pasar yang komprehensif.

Sementara itu, Tulus juga menambahkan, pembangunan klaster-klaster baru pada proyek perusahaan masih terus berjalan. Dia mengatakan sejauh ini timeline penyelesaian klaster-klaster tersebut masih sesuai dengan jadwal.

Sebelumnya, CTRA telah merilis sejumlah klaster baru ditengan pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Proyek-proyek tersebut adalah klaster Elecio di proyek CitraGarden Puri Jakarta Barat dan klaster Ayodya dan Seminyak di proyek Citra Maja Raya.

Pada tahun 2019, CTRA mencatat total pendapatan sebesar Rp7,6 triliun. Perolehan dari segmen pengembangan properti yang meliputi penjualan rumah hunian, ruko, tanah, apartemen, dan gedung perkantoran tercatat sebesar Rp5,7 triliun. Sedangkan pendapatan dari segmen pendapatan berulang yang meliputi pusat perbelanjaan, hotel, sewa kantor, dan rumah sakit mencapai Rp1,9 triliun.

Sepanjang tahun 2019 CTRA juga telah meluncurkan tiga proyek residensial baru yakni Citra Sentul Raya, CitraLand Driyorejo CBD, dan CitraGarden Puri Jakarta.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ciputra properti ciputra development
Editor : Ropesta Sitorus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top