Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ultah ke-90, Warren Buffett Investasi Rp87 Triliun ke Korporasi Jepang

Berkshire mengakuisisi sekitar 5 persen saham Itochu Corp., Marubeni Corp., Mitsubishi Corp., Mitsui & Co., dan Sumitomo Corp. dalam 12 bulan terakhir.
Warren Buffet/memolition.com
Warren Buffet/memolition.com

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan milik konglomerat Warren Buffett, Berkshire Hathway Inc. membeli saham di lima perusahaan Jepang senilai US$6 miliar.

Mengutip Bloomberg, Berkshire mengakuisisi sekitar 5 persen saham Itochu Corp., Marubeni Corp., Mitsubishi Corp., Mitsui & Co., dan Sumitomo Corp. dalam 12 bulan terakhir.

Investasi gabungan kelima perusahaan tersebut lebih dari US$6 miliar. Dengan estimasi kurs Rp14.500, maka nilai transaksi sekitar Rp87 triliun.

Kelima perusahaan tersebut merupakan korporasi yang mendominasi industri energi dan bahan mentah di Jepang. Ini menjadi penanda Buffett serius menanamkan modalnya ke Jepang, sebagai negara dengan ekonomi kedua terbesar di Asia.

Sementara Buffett tetap relatif berhati-hati dalam aksi akuisisi sejak Covid-19 yang memukul ekonomi global, perusahaannya telah meningkatkan portofolionya di industri komoditasnya, termasuk perjanjian US$4 miliar untuk membeli sebagian besar perusahaan pipa dan penyimpanan gas alam Dominion Energy Inc. aset bulan Juli.

Penilaian di sektor komoditas telah mengikuti pasar saham yang lebih luas dalam beberapa tahun terakhir, terseret oleh jatuhnya harga komoditas dan rotasi investor ke saham teknologi yang telah dipercepat selama pandemi.

"Saya senang Berkshire Hathaway berpartisipasi di masa depan Jepang dan lima perusahaan yang kami pilih untuk investasi," kata Buffett dalam pernyataannya.

“Lima perusahaan perdagangan besar memiliki banyak usaha patungan di seluruh dunia dan kemungkinan besar memiliki lebih banyak kemitraan ini. Semoga kedepannya ada peluang yang saling menguntungkan. ”

Mitsui mengatakan tidak mengetahui alasan di balik investasi Berkshire, sementara empat perusahaan perdagangan lainnya tidak dapat segera berkomentar.

Berkshire berencana untuk menahan investasi Jepang untuk jangka panjang dan telah berjanji untuk hanya memiliki sebanyak 9,9 persen saham di salah satu dari lima perusahaan, kecuali diberikan persetujuan khusus oleh dewan direksi.

Langkah tersebut menandai dorongan besar di luar negeri oleh Buffett, yang telah lama mengakumulasi investasi di perusahaan AS termasuk Apple Inc. dan Coca-Cola Co.

Berkshire juga mencari investasi di luar negeri dengan kepemilikan di BYD Co. China melalui bisnis energinya dan perusahaan pembayaran Brasil, StoneCo Ltd.

Buffett, yang merayakan ulang tahunnya yang ke-90 pada 30 Agustus, telah membangun Berkshire menjadi konglomerat bernilai lebih dari US$521 miliar, dengan operasi mulai dari asuransi hingga raksasa industri seperti Precision Castparts Corp. dan bahkan ritel seperti Fruit of the Loom.

Perusahaan juga memiliki portofolio ekuitas yang signifikan, dengan total sekitar US$207 miliar pada akhir Juni, dengan saham di perusahaan seperti Apple Inc. dan Bank of America Corp.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hafiyyan
Editor : Hafiyyan
Sumber : bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper