Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Komitmen Terhadap K3, Waskita Karya (WSKT) Raih Penghargaan dari WSO

Waskita Karya disebut mengedepankan penerapan praktek/ pelaksanaan K3 sebagai ciri khas sistem manajemen yang telah matang.
Lorenzo Anugrah Mahardhika
Lorenzo Anugrah Mahardhika - Bisnis.com 18 Agustus 2020  |  14:28 WIB
Gedung Waskita Heritage. Gedung ini merupakan kantor pusat PT Waskita Karya (Persero) Tbk, terletak di Jalan M.T Haryono, Jakarta. - istimewa
Gedung Waskita Heritage. Gedung ini merupakan kantor pusat PT Waskita Karya (Persero) Tbk, terletak di Jalan M.T Haryono, Jakarta. - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) secara berturut-turut mendapatkan penghargaan dari World Safety Organization (WSO) atas komitmen perusahaan dalam mengimplementasikan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) atau Occupational Health and Safety (OHS) tingkat dunia di tahun 2019.

Berdasarkan keterangan resmi perusahaan, Selasa (18/8/2020) Waskita Karya menerima penghargaan untuk kategori penilaian budaya K3 yang sudah dijalankan dengan sangat baik atau level 4 (Pro Active). 

Level tersebut menunjukkan perusahaan sudah teruji di lapangan maupun administrasi dari hasil survey dan observasi mendalam. Penghargaan diterima oleh SVP QHSE & System Division Subkhan di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat.

CEO WSO International Alfredo de la Rosa mengatakan  Waskita Karya disebut mengedepankan penerapan praktek/ pelaksanaan K3 sebagai ciri khas sistem manajemen yang telah matang.

Alat ukur survei kuesioner dan observasi lapangan atau administrasi yang digunakan adalah kuesioner yang telah teruji dan pernah dilakukan oleh Ostrom, dan lainnya di Departemen Energi Amerika Serikat. Instrumen ini telah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia dan telah diuji validitas dan reliabilitasnya.

Terdapat 19 dimensi budaya aspek K3 yang menjadi penilaian, yaitu Safety awareness, Teamwork, Pride & commitment, Excellency, Honesty, dan Communication. Kemudian  Leadership & supervision, Innovation, Training, Procedure compliance, Safety effectiveness, Facilities. Selanjutnya Selection & placement, Emergency, Risk management, Application, Socialization, Involvement, Priority of safety.

Safety leadership (kepemimpinan) dan nilai-nilai keselamatan sudah menuju ke arah peningkatan berkelanjutan atau continuous improvement. Dari keseluruhan budaya aspek K3, secara keseluruhan PT Waskita Karya (Persero) Tbk menunjukkan level budaya K3 yang baik,” ujar Alfredo de la Rosa.

Selanjutnya, Alfredo menerangkan, untuk menuju level tertinggi yakni tingkat World Class atau generative, diperlukan upaya-upaya peningkatan perilaku budaya K3 dengan melibatkan peran aktif seluruh personil atau elemen.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

waskita karya Kinerja Emiten
Editor : Rivki Maulana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top