Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Realisasi Emisi Obligasi dan Sukuk Capai Rp39,28 Triliun

Sekretaris Perusahaan BEI Yulianto Aji Sadono mengatakan total emisi surat utang pada periode tahun berjalan 2020 sejumlah 50 emisi dari 35 perusahaan senilai Rp39,28 triliun.
ILUSTRASI OBLIGASI. Bisnis/Himawan L Nugraha
ILUSTRASI OBLIGASI. Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA — PT Bursa Efek Indonesia mencatat nilai emisi obligasi dan sukuk mencapai Rp39,28 triliun per 7 Agustus 2020.

Dalam laporan mingguan, Sekretaris Perusahaan BEI Yulianto Aji Sadono mengatakan total emisi surat utang pada periode tahun berjalan 2020 sejumlah 50 emisi dari 35 perusahaan senilai Rp39,28 triliun.

“Total emisi obligasi dan sukuk yang tercatat di BEI sampai dengan saat ini berjumlah 439 emisi dengan nilai nominal outstanding sebesar Rp423,17 triliun dan US$47,5 juta, diterbitkan oleh 120 perusahaan tercatat,” tulis Yulianto, Jumat (7/8/2020).

Terbaru, ada 4 obligasi berkelanjutan dan 1 sukuk mudharabah yang dicatatkan selama pekan ini di BEI.

PT Dharma Satya Nusantara Tbk. (DSNG) menerbitkan Obligasi Berkelanjutan I Dharma Satya Nusantara Tahap I Tahun 2020 pada Senin (3/8/2020) dengan nilai nominal Rp451 miliar. Surat utang ini mendapat peringkat idA- dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo).

Selanjutnya, PT Indomobil Finance Indonesia menyusul pada Rabu (5/8/2020) dengan menerbitkan Obligasi Berkelanjutan IV Indomobil Finance Indonesia senilai Rp336 miliar. Untuk obligasi ini, Pefindo memberikan peringkat idA.

Bertindak seagai wali amanat dalam emisi kedua obligasi tersebut adalah PT Bank Mega Tbk.

Masih pada hari yang sama, PT Bussan Auto Finance menerbitkan Obligasi Berkelanjutan I Bussan Auto Finance Tahap I Tahun 2020 dan Sukuk Mudharabah Berkelanjutan I Bussan Auto Finance Tahap I Tahun 2020 masing-masing senilai Rp100 miliar dan Rp15 miliar.

PT Fitch Ratings Indonesia memberikan peringkat AAA untuk kedua surat utang tersebut dan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. bertindak sebagai wali amanat.

Menutup pekan ini, PT Waskita Karya (Persero) Tbk. menerbitkan Obligasi Berkelanjutan IV Waskita Karya Tahap I Tahun 2020 yang dicatatkan dengan jumlah nominal Rp135,5 miliar. Fitch memberikan peringkat BBB untuk obligasi tersebut dan PT Bank Mega Tbk. bertindak sebagai wali amanat.

Dari sisi Surat Berharga Negara (SBN), di BEI sudah tercatat sebanyak 96 seri dengan nilai nominal Rp3.177,01 triliun dan US$400 juta. Sementara Efek Beragun Aset (EBA) tercatat senilai total Rp8,37 triliun dari 10 emisi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper