Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Meski Masih Buntung, Acset Indonusa (ACST) Sukses Tekan Rugi 37,6 Persen

Dilansir dari keterangan resmi perusahaan pada Selasa (28/7/2020), perolehan ini tidak berubah dari posisi rugi ACST pada 2019 lalu. Meski demikian, perusahaan berhasil menekan kerugian sebesar 37,6 persen dari sebelumnya Rp404,43 miliar di zona merah.
Lorenzo Anugrah Mahardhika
Lorenzo Anugrah Mahardhika - Bisnis.com 28 Juli 2020  |  20:15 WIB
Salah satu proyek Acset Indonusa
Salah satu proyek Acset Indonusa

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten konstruksi PT Acset Indonusa Tbk (ACST) membukukan rugi bersih Rp252,20 miliar pada semester I/2020.

Dilansir dari keterangan resmi perusahaan pada Selasa (28/7/2020), perolehan ini tidak berubah dari posisi rugi ACST pada 2019 lalu. Meski demikian, perusahaan berhasil menekan kerugian sebesar 37,6 persen dari sebelumnya Rp404,43 miliar di zona merah.

Pendapatan perusahaan pada paruh pertama 2020 juga mengalami penurunan sebesar 51,58 persen dari Rp1,54 triliun menjadi Rp748,74 miliar. Berdasarkan lini bisnis, sektor infrastruktur berkontribusi sebesar 53 persen dari pendapatan, konstruksi sebesar 31 persen, fondasi menyumbang 11 persen, dan sektor lainnya sebesar 5 persen.

Selain itu, anak usaha PT Astra International tersebut juga berhasil menekan kerugian usaha menjadi Rp39,72 miliar dari sebelumnya, merugi Rp130,94 miliar.

Sekretaris Perusahaan ACST Maria Cesilia Hapsari menuturkan, penurunan ini  sejalan dengan tren perlambatan di industri konstruksi secara umum akibat pandemi virus corona.

Perlambatan tersebut mengakibatkan penundaan pekerjaan proyek yang sedang berlangsung maupun pembukuan kontrak baru. Meski demikian, ACST terus berupaya memaksimalkan upaya pengendalian proyek dengan lebih efektif dan efisien yang berkontribusi dalam peningkatan laba bruto perusahaan.

Maria melanjutkan, hingga akhir tahun, ACST masih berpotensi mengalami dampak dari perlambatan industri konstruksi karena pandemi global. Namun, upaya perbaikan internal yang mulai membuahkan hasil pada periode ini mencerminkan komitmen Perusahaan untuk terus meningkatkan kinerjanya.

"Kami akan tetap mengedepankan prinsip kehati-hatian dalam setiap langkah bisnis yang diambil bagi kepentingan seluruh stakeholders," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kinerja Emiten acset indonusa
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top