Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Astra Agro (AALI) Gunakan Drone Untuk Cegah Karhutla

Senior Vice President of Communications and Public Affair Astra Agro Lestari Tofan Mahdi mengatakan perseroan menggunakan drone dalam menghadapi ancaman puncak musim kemarau tahun ini.
Pandu Gumilar
Pandu Gumilar - Bisnis.com 21 Juli 2020  |  17:04 WIB
Presiden Direktur Astra Agro Lestari Santosa memaparkan digitalisasi pada operasional perkebunan kelapa sawit milik perseroan di Bogor, Selasa Malam (18/2/2020). - Pandu Gumilar).
Presiden Direktur Astra Agro Lestari Santosa memaparkan digitalisasi pada operasional perkebunan kelapa sawit milik perseroan di Bogor, Selasa Malam (18/2/2020). - Pandu Gumilar).

Bisnis.com, JAKARTA – Emiten perkebunan PT Astra Agro Lestari Tbk. (AALI) menggunakan drone untuk mencegah kebakaran hutan pada tahun ini.

Senior Vice President of Communications and Public Affair Astra Agro Lestari Tofan Mahdi mengatakan perseroan menggunakan drone dalam menghadapi ancaman puncak musim kemarau tahun ini. Alat tersebut, ungkapnya, dilengkapi kamera yang dapat mengirim video hasil monitoring lapangan ke team tanggap darurat.

“Dengan kelengkapan alat dan teknologi ini, tim yang ditugaskan khusus mencegah serta mengatasi karhutla bisa bergerak lebih cepat ke lokasi sesuai titik koordinat yang diinformasikan kamera drone,” katanya dalam keterangan resmi pada Selasa (21/7/2020).

Menurutnya dengan langkah ini AALI telah menerapkan operasional perusahaan sesuai prinsip-prinsip keberlanjutan. Perseroan juga menjalin komunikasi dan koordinasi intensif dengan pihak-pihak terkait, seperti pemerintah daerah, Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Tentara Nasional Indonesia, serta Kepolisian setempat.

“Upaya pencegahan karhutla juga dilakukan dengan dengan melibatkan masyarakat di sekitar perkebunan. Sosialisasi diperkuat dengan menyebarkan pesan broadcast berisi pesan agar setiap bagian saling menjaga lingkungan,” imbuhnya.

Dengan bekerjasama peristiwa kebakaran dapat diminimalisir. Selain itu, AALI pun menjamin ketersediaan air dengan membangun embung, overflow dan kantong air yang akan sangat berguna sebagai sumber air pemadaman pada saat terjadi kebakaran.

Pada hari ini saham AALI ditutup pada level Rp9.550. Selama perdagangan saham emiten kebun itu menguat 1,33 persen sejak pembukaan di level Rp9.425 per saham.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Drone astra agro lestari
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top