Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Analis Prediksi IHSG Menguat dan Dana Asing Bakal Kembali ke Indonesia

Analis memproyeksikan IHSG berpeluang menguat pekan depan dengan kecenderungan menguat di awal pekan dan berpeluang koreksi di akhir pekan.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 14 Juni 2020  |  15:14 WIB
Karyawan melintas di dekat layar elektronik yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di PT Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Selasa (9/6/2020). Bisnis - Arief Hermawan P
Karyawan melintas di dekat layar elektronik yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di PT Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Selasa (9/6/2020). Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - Analis memprediksikan dana asing akan segera kembali ke Indonesia, seiring adanya kebijakan masa transisi new normal untuk pemulihan ekonomi.

Direktur PT Anugerah Mega Investama Hans Kwee mengungkapkan bahwa kenaikan cadangan devisa di dalam negeri memberika indikasi aliran dana asing untuk kembali ke pasar Indonesia.

Adapun cadangan devisa (cadev) Indonesia pada akhir Mei 2020 tercatat US$130,5 miliar. Bank Indonesia mencatatkan jumlah tersebut meningkat dibandingkan posisi April 2020 sebesar US$127,9 miliar.

Sebagai informasi, posisi cadangan devisa Indonesia senilai US$130,5 miliar setara dengan pembiayaan 8,3 bulan impor atau 8,0 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah. Hans mengungkapkan bahwa pasar berpotensi mengapresiasi pada perdagangan pekan depan.

"Adanya kenaikan cadangan devisa dan transisi PSBB menjadi sentimen positif di pasar modal Indonesia," Minggu (14/6/2020).

Berdasarkan data statistik BEI, IHSG ditutup menguat 0,52 persen atau 25,6 poin ke level 4.880,35 pada akhir perdagangan Jumat (12/6/2020).

Kendati sempat mengalami koreksi pada perdagangan sebelumnya, indeks akhirnya mampu ditutup pada zona hijau dan menjadi satu-satunya indeks yang berada pada posisi menguat dari beberapa indeks Asia Pasifik terpilih yang mayoritas ditutup pada zona merah.

"IHSG kami perkirakan berpeluang menguat pekan depan dengan kecenderungan menguat di awal pekan dan berpeluang koreksi di akhir pekan. IHSG bergerak dengan support di level 4800 sampai 4712 dan resistance di level 4969 sampai 5139," tutupnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

IHSG saham dana asing covid-19 New Normal
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top