Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Saham Pilihan MNC Sekuritas Saat Window Dressing

Selama 5 tahun terakhir, pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) selalu menguat mulai pertengahan Desember hingga Maret tahun berikutnya. Tim Riset MNC Sekuritas menilai hal itu terjadi karena adanya efek window dressing yang terjadi setiap akhir tahun.
Dwi Nicken Tari
Dwi Nicken Tari - Bisnis.com 05 Desember 2019  |  10:40 WIB
Karyawan berada di depan papan elektronik yang menampilkan harga saham di Jakarta, Senin (22/7/2019). - Bisnis/Abdullah Azzam
Karyawan berada di depan papan elektronik yang menampilkan harga saham di Jakarta, Senin (22/7/2019). - Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - Selama 5 tahun terakhir, pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) selalu menguat mulai pertengahan Desember hingga Maret tahun berikutnya. Tim Riset MNC Sekuritas menilai hal itu terjadi karena adanya efek window dressing yang terjadi setiap akhir tahun. 

Investor pun dapat bersiap dari sekarang sambil mencermati beberapa saham yang berpotensi menguat pada momentum window dressing ini.

“Pada IHSG Heat Map dan Bull/Bear Probability yang kami olah, dalam rentang waktu 5 tahun, pola IHSG akan selalu menguat pada pertengahan bulan Desember hingga bulan Maret tahun berikutnya,” tulis Tim Riset MNC Sekuritas lewat laporan Special Report Scope Wave edisi Desember 2019 yang diterima Bisnis, Kamis (5/12/2019). 

Adapun dalam jangka pendek IHSG diperkirakan terus menguat sebelum terkoreksi kembali pada kisaran 5.870—5.920.

Pada perdagangan Kamis (5/12/2019) pukul 09.48 WIB, IHSG menguat 0,52% ke level 6.145. Namun sejak awal tahun IHSG masih berada di zona merah -0,78%.

Tim Riset MNC Sekuritas pun menggunakan analisa teknikal Elliott Wave untuk memetakan beberapa saham pilihan yang berpotensi melaju saat window dressing maupun yang mengalami uptrend sampai awal 2020.

Beberapa saham yang terpilih dan dapat dicermati oleh investor a.l. BBNI, TLKM, INDF, PGAS, UNVR, CPIN, dan HMSP.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

window dressing
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top