KABAR PASAR 12 SEPTEMBER: ASII Topang Aneka Industri, Spekulan Ruko Jadi Penyebab

Berita mengenai kinerja indeks saham sektoral dan kenaikan rasio kredit bermasalah di sektor properti menjadi sorotan edisi harian Bisnis Indonesia, Kamis (12/9/2019).
Renat Sofie Andriani
Renat Sofie Andriani - Bisnis.com 12 September 2019  |  08:10 WIB
KABAR PASAR 12 SEPTEMBER: ASII Topang Aneka Industri, Spekulan Ruko Jadi Penyebab
Kantor Pusat Astra Internasional. - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA – Berita mengenai kinerja indeks saham sektoral dan kenaikan rasio kredit bermasalah di sektor properti menjadi sorotan edisi harian Bisnis Indonesia, Kamis (12/9/2019).

Berikut beberapa perincian topik utamanya:

ASII Topang Aneka Industri. Pergerakan saham PT Astra International Tbk. (ASII) masih menjadi faktor dominan dalam memengaruhi fluktuasi indeks sektor aneka industri. Pasalnya, ASII memiliki kapitalisasi pasar yang sangat signifikan untuk menggerakkan indeks.

Jusuf Kalla dan Memori Dua Presiden. Tidak banyak tokoh politik seperti Jusuf Kalla. Dua kali menjabat sebagai Wakil Presiden dari dua Presiden yang berbeda. Menjadi wakil Susilo Bambang Yudhoyono pada periode 2004—2009 dan mendampingi Joko Widodo pada periode 2014—2019.

Integrasi Sistem Jadi Titik Lemah. Pelaksanaan sistem Online Single Submission (OSS) oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) masih dihadapkan pada sejumlah kendala dari beragam aspek.

META Telah Lulus Uji SPM. Tarif beberapa ruas tol milik PT Nusantara Infrastructure Tbk. (kode emiten META) bakal segera naik setelah jalan tol milik induk dari tiga badan usaha jalan tol itu telah dinyatakan lulus uji Standar Pelayanan Minimal (SPM).

Mahakarya Agung Pailit. Upaya PT Mahakarya Agung Putera untuk keluar dari belenggu penundaan kewajiban pembayaran utang (PKPU) telah kandas. Pasalnya, proposal perdamaian yang ditawarkan oleh pengembang properti tersebut ditolak mayoritas krediturnya dalam rapat dengan agenda pemungutan suara yang digelar pada 19 Agustus 2019 lalu.

Pendapatan Ditopang Hasil Investasi. Industri asuransi jiwa berhasil membukukan pertumbuhan pendapatan hingga 31,9% pada kuartal kedua tahun ini, di tengah tren perlambatan premi. Meningkatnya annualized new premium (ANP) dan hasil investasi menjadi penopang kinerja industri.

Industri Pelumas Perlu Transformasi. Industri pelumas dan suku cadang otomotif lainnya akan menghadapi tekanan produksi pada era kendaraan terelektrifikasi (electric vehicle/EV). Pabrikan pun dituntut melakukan transformasi.

Spekulan Ruko Jadi Penyebab. Bank Indonesia (BI) mencatat adanya kenaikan rasio kredit bermasalah di sektor properti. Pengembang menilai hal itu karena ulah investor spekulan pembeli rumah toko yang salah memperhitungkan pasar.

Dag Dig Dug Transisi Blok Rokan. Presiden Direktur Chevron Pacific Indonesia Albert B. M. Simanjuntak mengernyitkan dahi saat menyimak penjelasan Direktur Hulu Pertamina Dharmawan H. Samsu terkait progres transisi Blok Rokan, dalam rapat dengan Komisi VII DPR, Selasa (10/9) malam.

Revisi Aturan Impor Sapi 5:1 Disiapkan. Pemerintah menyiapkan revisi aturan kewajiban pelaku usaha untuk mendatangkan satu indukan untuk setiap lima sapi bakalan yang diimpor atau regulasi 5:1 seiring dengan realisasi yang baru 13%.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
saham

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top